PKL Siring Menara Pandang Keberatan Soal BSF

  • Whatsapp
PKL Siring Menara Pandang Keberatan Soal BSF

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Sejumlah pedagang kaki lima (PKL) Siring Menara Pandang yang direlokasi ke Banjarmasin Street Food (BSF) meminta kebijaksanaan pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin agar dapat memberi izin berjualan di jalur bibir sungai Siring Menara Pandang.

Salah satu PKL Siring Menara Pandang, Yeni, mengatakan para PKL yang umumnya terdiri dari pedagang kecil merasa keberatan dengan adanya kawasan Banjarmasin Street Food (BSF), sebab iuran di BSF dinilai sangat besar.

Muat Lebih

“Di sana memang benar sudah tempat khusus berjualan yaitu BSF, akan tetapi kami harus membayar iuran Rp 250.000 untuk berjualan sabtu dan Minggu saja,” bebernya kepada Wartaniaga.com, Senin (7/10).

BACA JUGA:  Beredar Video Tak Lazim Diperankan Pelajar SMP

Ia menjelaskan akibat iuran perminggunya sebesar itu membuat para PKL merasa terbebani. “250 ribu satu tenda, untuk berjualan hari Sabtu dan Minggu, sedangkan kami hanya pedagang kecil,” jelasnya.

PKL Siring Menara Pandang Keberatan Soal BSF

Yeni menyebutkan, oleh karena itu pihak PKL merasa keberatan atas adanya iuran yang dilakukan pihak BSF terhadap pedagang kecil, mereka meminta kebijaksanaan kepada Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin dalam hal mencari sesuap nasi tersebut.

Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong praja (Satpol PP) Kota Banjarmasin, Hermansyah, mengatakan salah satu cara mereka agar bisa berjualan dan tidak mengganggu pejalan kaki adalah harus masuk dalam BSF.

“Kami sudah kodinasikan kepada ketua PKL agar mereka masuk saja ke BSF,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Atasi Kemiskinan, Pemerintah Efektifkan Kartu Pra Kerja

Dirinya memahami memang mereka ada kendala dari pihak PKL dikarenakan mereka harus membayar iuran setiap minggunya untuk pihak kebersihan, keamanan, dan lain-lain.

“Mereka inikan sudah terbiasa di tempat yang gratis,” jelasnya.

Hermansyah mengaku selama ini juga pihaknya hanya melaksanakan tugas atas instruksi Pemerintah untuk menertibkan PKL agar tidak mengganggu kenyaman pejalan kaki serta kebersihan wilayah Siring Menara Pandang.

“Kami memasang pengaman tali agar tidak ada PKL yang berjualan di jalur siring dan itu sangat berhasil saat ada petugas jaga, disaat jam petugas berakhir mereka kembali berjualan,” paparnya.

Ia mengharapkan para PKL yang dulu berjualan di sekitar Siring Menara Pandang agar bergabung saja dengan BSF, sehingga mereka dapat berjualan dengan nyaman dan mendapatkan penghasilan yang sesuai.

BACA JUGA:  AKBP M Ilyas, Mantan Kepala BNN Banjarmasin Tutup Usia

Reporter : Aditya
Editor : Mukta
Photo : Aditya

L

Pos terkait