DPMPTSP Kesulitan Tangani Ijin Usaha Mati

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Banjarmasin mengaku kesulitan mendeteksi perusahaan yang tidak memperpanjang ijin usaha akibat tidak adanya aplikasi pendeteksi perusahaan yang habis masa berlaku.

Kabid Data dan Sistem Informasi DPMPTSP Banjarmasin, Gt Lisdiani mengungkapkan belum tersedianya aplikasi untuk mendeteksi perusahaan yang belum memperpanjang ijin menjadi pemicu pemerintah kesulitan dalam penanganan ijin usaha.

Muat Lebih

“Yang ada hanya perusahaan yang membuat ijin dan memperpanjang ijin, dan saat ini kami hanya menunggu perusahaan yang datang untuk mengurus masa berlakunya untuk di perpanjang,” ucapnya kepada wartaniaga.com, selasa (1/10).

BACA JUGA:  Aksi GN KPA di Sungai Biuku Beri Kesan Cinta Lingkungan

Menurutnya Belum tersedianya aplikasi untuk data perusahaan yang tidak memperpanjang ijin karena terbatasnya anggaran, ia mengaku setiap tahun hanya menganggarkan untuk yang diperlukan saja.

“Data untuk perusahaan yang tidak memperpanjang izin belum ada karena aplikasi nya belum dibuat, saat ini hanya ada perusahaan yang membuat dan yang memperpanjang izin,” bebernya.

Selain itu ia mengungkapkan DPMPTSP hanya melayani pelayanan yang bersifat administratif saja, oleh karena itu masyarakat bersangkutan yang akan memohon perijininan harus datang dengan data lengkap agar mudah diproses.

“Iya, pelayanan ini sifatnya administrasi, kami cuma menerima tidak ada agenda untuk mengawasi di lapangan,” tutupnya.

Reporter : Aya
Editor : Mukta
Photo : Aya

Pos terkait