Dana Kelurahan Pemurus Luar Untuk Penangkaran Ikan

  • Whatsapp
Dana Kelurahan Pemurus Luar Untuk Penangkaran Ikan

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Sesuai dengan arahan Pemerintah untuk menyejahterakan masyarakat melalui dana kelurahan, Kelurahan Pemurus Luar kucurkan dana tersebut untuk pelatihan dan pembinaan penangkaran ikan.

Lurah Pemurus Luar, Magfiroh AMG mengungkapkan dana kelurahan senilai Rp 185 juta sudah dialokasikan menjadi 2 bagian, satu bagian untuk pembinaan dan bagian lainnya untuk pengadaan sarana prasarana.

Muat Lebih

“Salah satu pembinaan yang kita lakukan yaitu penangkaran ikan keramba,” ucapnya saat berada di Kantor Kelurahan, Selasa (29/10/19).

BACA JUGA:  Muram Band, Rock Cadas Terinspirasi Ricuhnya Demo

Ia menjelaskan pembinaan tersebut berguna untuk masyarakat agar dapat mengetahui tentang tata cara penangkaran ikan yang baik dan benar demi memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Paling tidak hasilnya untuk kebutuhan sehari-hari lah,” ujarnya.

Selain pembinaan budidaya ikan, pembinaan lainnya juga dilakukan seperti penanggulangan kebakaran, kebersihan, kesehatan, dan keamanan.

“Total sudah mencapai Rp 86 juta lebih dana Kelurahan yang terpakai untuk sosialisasi dan pembinaan ini,” jelasnya.

Lanjutnya sisa dana Kelurahan sekitar Rp 90 juta lebih dipergunakan untuk pengadaan sarana prasarana yang meliputi pengadaan alat kebersihan, gerobak sampah,alat pemadam kebakaran, dan pengadaan alat posyandu.

“Pada awalnya memang mengalami kendala yang berkaitan tentang peraturan pemerintah, seiring waktu berjalan kami bisa menanggulanginya,” paparnya.

BACA JUGA:  Berantas Narkotika, Pemko Banjarmasin Bentuk Tim P4GN

Ia mengakui setelah mendapat pengalaman mengenai penyelenggaraan dana kelurahan pada tahun depan pasti akan lebih banyak lagi dana kelurahan yang akan direalisasikan.

“Nanti tahun depan semua sosialisasi yang kita selenggarakan, akan kita realisasikan juga dalam bentuk alat atau barang, seperti sosialisasi penangkaran ikan, kita wujudkan dengan pembuatan keramba,” pungkasnya.

Reporter : Aditya
Editor : Mukta
Foto : Aditya

Pos terkait