logo wartaniaga

Belitung Utara, Dana Kelurahannya Terserap 100%

Belitung Utara, Dana Kelurahannya Terserap 100 %

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Kelurahan Belitung Utara mampu serap dana kelurahan sebesar Rp 185 juta untuk pembangunan sarana prasarana serta fasilitas penunjang kepentingan masyarakat.

Langkah berani yang dilakukan Lurah Amrullah, dalam mengambil keputusan untuk menghabiskan anggaran tersebut tidak lepas dari kordinasi dengan kelurahan lainnya mengenai mekanisme pelaporan keuangan yang dianggap sulit.

Tak heran Kelurahan Belitung Utara menjadi kelurahan 4 besar terbaik yang mampu menyerap dana kelurahan pada tahap pertama dengan didampingi tiga kelurahan lainnya meliputi Kelurahan Pelambuan, Kuin Cerucuk, dan Basirih.

Dispersip Kalsel Serap APBD 2019 Sebesar Rp 39 M

Amrullah mengatakan saat ini serapan dana kelurahan sudah 100 persen terserap dari jumlah dana Rp 185 juta tahap pertama yang sudah dilaksanakan.

BACA JUGA:  DPRD Banjarmasin Rencanakan Masa Jabatan AKD 2,5 Tahun

“Jadi Rp 185 juta tahap pertama sudah dihabiskan dan tahap kedua sudah di stop,” bebernya saat ditemui wartaniaga.com di Kantor Kelurahan Belitung Utara, Kecamatan Banjarmasin Barat, Rabu (9/10).

Ia menjelaskan dana tersebut digunakan untuk pembuatan gerobak sampah, bak sampah, dan pengadaan alat Puskesmas yang terdapat di Belitung Utara. “Jika berkasnya lengkap maka pembayaran dari pengadaan gerobak, alat kebersihan, dan Puskesmas cepat terlaksana,” jelasnya.

Sementara itu, terkait pengadaan sarana prasarana yang belum terlaksana di anggarkan pada tahun berikutnya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.” Sarana prasarana yang belum tercapai akan di anggarkan tahun depan,” paparnya.

Adapun untuk sosialisasi Kelurahan Belitung Utara sampai saat ini masih belum terlaksana di karena lebih berfokus pada pengadaan sarana prasarana. “Sosialisasi akan di laksanakan pada tahun depan,” ucapnya.

BACA JUGA:  Pekan Depan Pimpinan DPRD Banjarmasin Dilantik

Diakuinya terkait masalah sumber daya manusia yang dimiliki dalam pelaksanaan dana kelurahan, memang sangat membantu untuk pelaksanaan tersebut.

“Kita berdayakan sumberdaya melalui organisasi masyarakat, tinggal kita sosialisasikan organisasi kemasyarakatan mana yang siap dan bersedia menanganinya,” tegasnya.

Reporter : Aditya
Editor : Mukta
Photo : Ist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *