Akibat Bakar Sampah, Dua Hektar Lahan Ikut Terbakar

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Akibat pembakaran sampah di Jalan A. Yani Km. 25, Kecamatan Landasan Ulin, Banjarbaru, kembali menghanguskan dua hektar lebih lahan terbuka hijau, Selasa (24/9).

Menurut keterangan saksi, peristiwa merugikan itu terjadi sekitar pukul 13.35 Wita. Bermula dari membakar sampah, karena tak diawasi api menjalar ke lahan milik warga.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Satgas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarbaru, Rusidah, membenarkan, kebakaran yang terjadi di daerah tersebut dipicu akibat adanya sumber api yang ada ditumpukan sampah hingga akhirnya merambat kelahan milik Angkasa Pura dan warga.

“Kebakaran yang terjadi di wilayah ini, akibat adanya sumber api yang dipicu dari sampah yang dibakar akibatnya lahan yang ada di Angkasa Pura dan warga akhirnya timbul lah Karhutla ini,” ujarnya kepada wartaniaga.com.

Ia menambahkan air menjadi masalah utama bagi pemadam dalam melakukan tugasnya, akibatnya api cepat menguasai lahan dan terus berkobar.

“Saat ini tim kami masih kesulitan dalam mendapatkan air akibatnya api masih belum kami padamkan sepenuhnya,” bebernya.

Sementara itu, Tim BPBD Kota Banjarbaru juga dibantu oleh BPK, Polres Banjarbaru dan tim emergency lainnya masih sibuk mengatasi Karhutla tersebut.

Reporter : Riswan
Editor : Hamdani
Foto : Riswan

Pos terkait

banner 468x60