493 Penari Meriahkan Puncak Hari Jadi Kota ke 493

  • Whatsapp

Wartaniga.com, Banjarmasin – Puncak Hari Jadi Kota Banjarmasin ke 493 diwarnai dengan tari kolosal yang diperagakan oleh penari, dengan menyesuaikan jumlah usia kota yang didirikan pada zaman Sultan Suriansyah (Raja pertama Kerajaan Banjar) itu, Selasa malam (24/9) di Halaman Balai Kota Banjarmasin.

Tari kolosal itu menggambarkan nilai sejarah dan humanis, juga menceritakan peradaban masyarakat Banjarmasin sejak kesultanan Pangeran Samudera mulai memeluk agama islam.

Muat Lebih

Pagelaran puncak hari jadi tahun ini juga menjadi acara yang spesial, sebab langsung dihadiri Gubernur Provinsi Kalsel, H. Sahbirin Noor dan Sekdanya, H. Haris Makkie, ditambah lagi disaksikan oleh ratusan Walikota dan Bupati se Indonesia, serta warga Banjarmasin.

BACA JUGA:  Pemeriksaan Kesehatan Calon Jamaah Haji ke RSUD Sultan Suriansyah

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina mengatakan, syukur, diusia hingga sekarang ini, Kota Banjarmasin bisa terus berkembang dan menciptakan inovasi-inovasi baru.

Selama kepemimpinannya dengan Hermansyah, banyak capaian-capaian yang ia raih bersama. Diantaranya penerapan bakul purun dan tumbler sebagai pengganti plastik, hingga mengajak masyarakat untuk mencintai kebersihan terutama kebersihan sungai.

Kemudian beberapa penghargaan juga menjadi ukuran dalam perkembangan kota yang berjuluk ‘seribu sungai ini’. Pembangunan fisik di Kota Banjarmasin juga menjadi bentuk keseriusan kepemimpinannya, yang diantaranya seperti pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK), pembangunan tempat fitness outoor, pembangunan rusunawa (rumah susun sederhana sewa), pembangunan taman air mancur menari, pembangunan replica Meriam Benteng Tatas, Trotoar Ramah Difabel, Banjarmasin Plaza Smart City, Kampung KB dan memfungsikan bangunan RSUD Sultan Suriansyah.

BACA JUGA:  Ayo dan Segera, Investasi Emas Bersama Bank Kalsel

“Dengan tidak meninggalkan karakteristik daerah, serta budaya sungai dan kearifan lokal, kami bersama Wakil Walikota Banjarmasin H. Hermansyah terus berlari memfokuskan enam pilar utama pembangunan Banjarmasin Baiman. Yaitu, pilar satu Banjarmasin bertaqwa, pilar dua Banjarmasin aman, pilar tiga Banjarmasin Indah, pilar empat Banjarmasin maju, pilar lima Banjarmasin amanah, dan pilar enam Banjarmasin nyaman,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor mengatakan, melalui momentum Harjad ke 493 Kota Banjarmasin, diharapkan Kota Banjarmasin semakin maju, berkembang, semakin barasih wan nyaman, serta tumbuh sebagai sebuah kota dengan semangat persaudaraan dan kebersamaan yang terikat kuat.

“Sebagai kota yang dikelilingi banyak aliran sungai, maka sudah saatnya Kota Banjarmasin dikembangkan dengan pembangunan berbasis sungai selain pembangunan di daratan. Ke depan, Kota Banjarmasin kiranya tampil sebagai kota yang bersih dan indah. Bersih dan indah di daratan, juga bersih dan indah di semua aliran sungai,” ujarnya.

BACA JUGA:  Ini 8 Smartphone Favorit Orang Indonesia

Menjelang akhir puncak Harjad ke 493 Kota Banjarmasin, juga digelar 3D Fashion Show, yang merupakan kolaborasi antara human fashion show dan 3D video fashion show.

(Penulis Laporan Khusus : Hamdani)

Pos terkait