Loading...
4 views

Perda Kemetrologian, Atur Tera Ulang Produk Dagang

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Pemerintah  Kota Banjarmasin akan mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) Kemetrologian dan Tera Ulang Alat Ukur Dagang   untuk mengatur dan memastikan timbangan dagangannya dan produk usaha masyarakat.

Kepala Sub bagian Peraturan perundang-undangan Setdako Banjarmasin,  Jefrie Fransyah mengatakan pada tahun 2014 sudah ditetapkan bahwa pelaksanaan Kemetrologian dan pengawasannya jadi  kewenangan pemerintah Kabupaten dan Kota.

“Ini jadi perda yang prioritas, karena sebelumnya bagian dari pusat juga yang mengatur.” ujarnya kepada sejumlah wartawan di gedung DPRD Kota Banjarmasin, Senin (18/2).

Sedangkan untuk tera ulang sendiri, Perda Retribusinya sudah ada dan pemungutannya, tapi Perda pengaturannya belum.

“Dikesempatan inilah kami akan keluarkan  aturannya dalam tera ulang dengan  judul Perda Kemetrologian.” Tutur Jefrie.

BACA JUGA:  Atasi Kekumuhan Kota, Pemkot Banjarmasin Siapkan Rp 109 M

Dikatakannya, dalam Perda tersebut mengatur alat ukur apa saja yang wajib ditera ulang dan sifatnya yang digunakan secara langsung atau tidak langsung.

“Timbangan di pasar adalah tera langsung, sedangkan produk kemasan sebelum dipasarkan akan ditera, inilah tera tidak langsung” jelasnya

Menurutnya, perda ini tinggal menunggu kesepakatan antara Dinas Perdagangan dan Dinas Perindustirian serta Bagian Hukum Setda Kota Banjarmasin menyusun ketentuan yang akan dikenakan dalam tera ulang.  “ Kita pastikan perda ini secepatnya rampung” ucapnya.

Reporter : Fathur Rahman

Editor : Didin Ariyadi

Loading...

Foto : Fathur Rahman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *