PD PAL Akan Garap Limbah Konvensional

  • Whatsapp
Rahmatullah, SE Direktur PD PAL kota Banjarmasin

WartaNiaga.com, Banjarmasin – Perusahaan Daerah Pengolahan Air Limbah ( PD  PAL) Kota Banjarmasin terus berupaya  meningkatkan kinerja, salah satunya dengan menggarap limbah konvensional. Demikian diungkapkan Direktur PD PAL Kota Banjarmasin, Rahmatullah. SE kepada wartaniaga.com  diruang kerjanya.

Menurut  mantan direktur PDAM Bandarmasih ini, banyak limbah dari industri konvensonal yang dapat dikelola oleh perusahaannya, seperti Mall dan perhotelan.

Muat Lebih

“ Hotel, Mall, rumah makan dan tempat hiburan satiap harinya memproduksi limbah yang cukup banyak, jika pengelolaan limbahnya ditangani oleh PD PAL maka  akan menjadi sumber pendapatan bagi perusahaan” katanya.

BACA JUGA:  PD PAL Banjarmasin Masih Dipertahankan Walikota

Untuk itu, dirinya telah berkoordinasi dengan  Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional agar mendapat izin untuk menanam instalisasi pipa limbah.

“Kami sudah beberapa kali melakukan pertemuan dengan Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional untuk koordinasi penanaman pipa limbah. Semoga dalam waktu secepatnya rencana ini bisa terlaksana” katanya

Selain itu PD PAL juga memaksimalkan operasi mobil tanki penyedot limbah. Terlebih lagi, perusahaan ini telah mendapat tambahan hibah mobil tangki dari pemerintah pusat.

“Adanya pemberian 2 buah mobil tangki dari pemerintah pusat menjadi motivasi kami untuk menggali potensi pendapatan lainnya. Alhamdulillah   hingga semester pertama 2017 ini saja pendapatan dari operasional mobil itu sudah mencapai Rp. 40 juta dari target Rp. 30 juta pertahun” jelasnya.

BACA JUGA:  Dewan Pertanyakan Kontrak Pekerjaan RS Sultan Suriansyah

Meskipun demikian, PD PAL tetap berkonsentrasi terhadap sanitasi limbah rumah tangga yang selama ini menjadi  tugas pokoknya. Terbukti, hingga saat ini jumlah pelanggannya sudah mencapai 6.928 sambungan.  Dan dari sambungan pipa limbah ke rumah tangga itu rata-rata perbulan perusahaan ini mendapatkan pemasukan Rp. 260 juta.

“Hanya sekitar 5.000 an pelanggan yang membayar untuk pengolahan air limbah melalui rekening PDAM nya, jumlah inilah yang menghasilkan Rp 260 juta perbulan.  Sisanya 1.928 masih belum tertagih dan ini menjadi salah satu PR kami “ terangnya.

Rahmatullah juga berharap kedepan perusahaannya dapat memproses limbah lumpur menjadi pupuk sehingga berdaya guna.

“Semoga kedepannya PD PAL juga dapat memanfaatkan limbah lumpur untuk dijadikan pupuk dan  air limbah yang kami kelola juga dapat dijadikan air siap minum, tidak terbuang ke sungai seperti sekarang ini” harapnya.

BACA JUGA:  Jamkrida Kalsel Siap Menjamin Rp 4 T

Reporter : ***

Editor : Didin Ariyadi

Foto : Didin Ariyadi

Pos terkait