Merangkai Bunga Memetik Rupiah (Bagian 1)

  • Whatsapp
Rangaian Bunga di Toko Bunga Hanna (Foto : Koleksi Pribadi)

wartaniaga.com,Banjarbaru- Florist atau toko bunga kini menjadi salah satu usaha yang mulai tumbuh diberbagai kota di Indonesia tak terkecuali wilayah Banjarmasin dan sekitarnya. Selain menjanjikan keuntungan yang cukup besar, usaha yang menjual keindahan ini sangat mudah dijalankan. Terlebih lagi, modal untuk memulai usaha ini juga relatif kecil.

Mumentum dan hari-hari tertentu seperti Tahun Baru, Valentin day, Hari Ibu dan lainnya menjadi ladang keuntungan bagi pelaku bisnis ini. Selain itu, rangkaian bunga berupa ucapan selamat atas peresmian perusahaan, lembaga baru, pernikahan atau pelantikan jabatan menjadi produk yang paling dicari di toko bunga. Dan bakhan ucapan dukacita juga menjadi pasar bagi usaha ini.

Muat Lebih

BACA JUGA:  IHSG Turun, Indonesia Urutan ke 2 Setelah Thailand

Menurut Aswab Mahasin pemilik Lyra Florist Banjarbaru bisnis penjualan bunga untuk Banjarbaru dan Banjarmasin  sangat menjanjikan mengingat masih belum banyaknya pelaku usaha di bidang ini.

“ Dibandingkan dengan kota-kota seperti Jakarta, Surabaya dan Bandung, wilayah Banjarmasin dan Banjarbaru masih bisa dihitung dengan jari, jadi usaha ini sangat menjanjikan” ujarnya.

Selain itu,  gaya hidup masyarakat modern  menjadi salah satu pendorong berkembangnya usaha ini. Tak pelak usaha yang dikelolanya sejak 2 tahun yang, tepatnya januari 2014 ini selalu banjir orderan. Sehari tidak kurang dari 10-15 orang pelangan membeli bunga di toko yang terletak di Jl.A.Yani km.36 samping gerbang ULM Banjarbaru ini.

Aswab menambahkan bisnis penjualan bunga ini akan rame dan laris manis menjelang hari atau mumen tertentu seperti valentine day, Tahun Baru, Hari Ibu, HUT RI atau Hari jadi Provinsi, kabupaten dan Kota.

BACA JUGA:  FINGO, Marketplace yang Bagi-Bagi Komisi Puluhan Juta Perbulan

“ Bunga tangkaian dan buket bunga menjadi paling laku dibeli remaja saat valentine day sehari bisa terjual hampir 100 tangkai. Dan kami pernah kebanjiran order untuk bunga papan untuk ucapan hari jadi Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar” ujarnya

Uniknya Lyra Florist  tidak mematok harga pada produknya, hanya berdasarkan anggran dari pembeli. Bahkan toko bunga yang satu ini dapat menjual 1 tangakai bunga include dengan platik dan pita hiasnya hanya sebesar Rp. 15.000, sedangkan untuk bunga papan ucapan ditawarkan harga mulai Rp. 350.000 sampai dengan jutaan rupiah sesuai keinginan pembeli.

Soal omset, meski tidak menjabarkan secara rinci, Aswab mengaku dalam sehari dapat mengantongi jutaan rupiah. “ Kalau lagi rame bisa mencapai jutaan rupiah perhari sedangkan kalau lagi sepi masih diangka ratusan ribu” ungkapnya

BACA JUGA:  Strategi Cafe Bertahan di Masa Pandemi

Selain menjual berbagai bunga seperti Buket Bunga, Flower Box, Bunga Meja, Bunga Papan ucapan Lyra Florist juga melayani dekorasi untuk ruangan acara seperti ulang tahun, perkawinan atau acara lainnya.

“ Bagi masyarakat yang ingin melangsungkan acara pernikahan atau ulang tahun dan ingin rumahnya dihiasi dengan bunga-bunga kami juga dapat melayaninya, datang saja ke Lyra Florist” katanya berpromosi.

Bersambung………

Pos terkait