Hadapi Lebaran Bank Indonesia Siapkan Rp 197 triliun Uang Tunai

Penukaran uang melalui kas keliling Bank Indonesia

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Secara nasional Bank Indonesia menyiapkan uang tunai lebih dari Rp 197 triliun guna memenuhi kebutuhan masyarakat di Idul Fitri 1445 H.

Hal ini diungkapkan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan (KpW BI Kalsel), Wahyu Pratomo saat meluncurkan “Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri” atau Serambi 2024, di Banjarmasin, Jum’at (15/3).

Program ini, kata Wahyu sebagai upaya pemenuhan uang rupiah periode Ramadan dan Idul Fitri 1445 Hijriah tahun 2024.

“Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Indonesia, Bank Indonesia secara nasional telah menyiapkan uang tunai sebesar 197,6 triliun rupiah, naik sekitar 5% dari realisasi tahun 2023,” paparnya.

Ia mengajak masyarakat tidak hanya menggunakan uang tunai rupiah juga pembayaran non tunai termasuk QRIS. Sewaktu-waktu uang tunai dan satu waktu non tunai termasuk QRIS.

Kepala Perwakilan BI Kalsel Wahyu Pratomo bersama Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Prov Kalsel M Amin memukul bedug saat Lauching Serambi (Foto:EDH)

“Serambi merupakan rangkaian kegiatan pemenuhan kebutuhan uang rupiah dan pelayanan pada Idul Fitri tahun 2024,” jelas Wahyu.

Ada tiga pilar yang dilakukan oleh Bank Indonesia lanjut Wahyu, pertama adalah menyediakan uang rupiah yang berkualitas dan terpercaya. Kedua memastikan sistem distribusi uang yang efisien dengan layanan prima dan yang ketiga adalah melakukan apa yang disebut edukasi dengan bangga dan paham rupiah.

“Kebutuhan masyarakat di Kalsel pada Ramadan dan Idul Fitri tahun 2024 diperkirakan sebanyak 3,06 triliun rupiah ini mengalami kenaikan 11% dibandingkan realisasi tahun lalu sebesar 2.74 triliun rupiah,” ungkap Wahyu.

Ia mengajak masyarakat untuk berperilaku belajar bijak dalam menggunakan rupiah dan mencermati ciri-ciri keaslian uang Rupiah.

“Pergunakan uang rupiah sesuai dengan kebutuhan tidak berlebihan dan juga tidak menimbun pembelian, selain itu disarankan belanja produk dalam negeri khususnya produk UMKM,” tandas Wahyu.

Sementara itu, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dalam sambutannya yang dibacakan Muhammad Amin Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Prov Kalsel sangat mengapresiasi kegiatan ini.

“Kami sangat mengapresiasi komitmen Bank Indonesia terhadap pemenuhan kebutuhan uang di masyarakat dalam menyambut Ramadan dan Idul Fitri 1445 Hijriah tahun 2024,” ujarnya.

Menurutnya hal ini tentunya memerlukan dukungan semua pihak , baik pemerintah daerah, insan perbankan juga seluruh elemen masyarakat Kalimantan Selatan.

“Kita harus bergerak dan bersinergi lebih erat lagi, sehingga masyarakat dapat terpenuhi kebutuhan uangnya,” tutupnya.

Turut berhadir, perwakilan Perbankan, perwakilan OJK, perwakilan Polda Kalsel, Danlanal Banjarmasin, Danlanud Sjamsoeddin Noor, perwakilan Posindo dan para media.

Editor: Eddy Dharmawan

Pos terkait

banner 468x60