40 Peserta Dibekali Program Sadar Wisata

Kepala Disporaper HSU, Syaifullah saat memberikan sambutan pada sosialisasi Sadar Wisata

Wartaniaga.com, Amuntai- Meningkatkan periwisata di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) HSU menggelar Sosialisasi Sadar Wisata.

Kegiatan sosialisasi ini dibuka langsung oleh Kepala Disporaper HSU Syaifullah. Diikuti 40 peserta terdiri dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Duta Wisata Putra Putri Pariwisata Kabupaten HSU, Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Amuntai serta Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Rasyidiyah Khalidiyah Rakha Amuntai bertempat di Aula Hotel Balqis Amuntai.

Kepala Disporaper HSU, Syaifullah mengatakan sosialisasi sadar wisata ini bertujuan dalam rangka menggali potensi – potensi pariwisata yang ada di Kabupeten HSU untuk di kembangkan.

“Kami ke desa – desa menggali potensi pariwisata di desa untuk di kembangkan sehingga menjadi desa wisata,” ujarnya, Selasa (21/11).

Ia menambahkan untuk pariwisata di HSU saat ini ada Candi Agung, Taman Putri Junjung Buih, Mesjid Sungai Banar, Kerbau Rawa, Pulau Sambujur dan lain – lain.

“Mudah – mudahan dengan di adakan nya sosialisasi ini menambah pengetahuan bagi Pokdarwis tentang kepariwisataan,” pungkasnya.

Sementara laporan panitia oleh Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Disporapar HSU, Junaidi Gunawan mengatakan, tujuan dari pelaksanaan sosialisasi sadar wisata ini antara lain,
Memberikan pengetahuan kepada peserta tentang Peran Pokdarwis dan mahasiswa dalam pembangunan dan pengembangan pariwisata.

Meningkatkan pemahaman, pengetahuan serta keterampilan mengelola potensi desa wisata, sehingga pelaku pariwisata siap menjadi tuan rumah yang baik dalam menyambut kedatangan wisatawan, memberikan pengetahuan kepada peserta, wisata apa saja yang ada di HSU, dan Provinsi Kalimantan Selatan.

Adapun kegiatan ini juga pemberian materi yang disampaikan oleh Syariful Rahman atau sering di panggil Camang selaku Komunitas Pecinta Pariwisata “All Outbound Camp” yang berasal dari Desa Loksado Kabupaten HSS, Kandangan serta Nuril Anwar selaku Guru Bahasa Inggris pada SMP Ihya Ullumuddin Kecamatan Banjang Kabupaten HSU.

Reporter : Darma Setiawan
Editor : Fairuz Reza Fahlevi

Pos terkait

banner 468x60