Kapolda Kalsel Pimpin Gelar Pasukan Kesiapan Hadapi Pemilu 2024

Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian Djajadi saat memimpin gelar pasukan kesiapan hadapi Pemilu 2024 (Foto: Humas Polda)

Wartaniaga.com, Banjarbaru – Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel) Irjen Pol Andi Rian Djajadi, SIK MH memimpin upacara gelar pasukan kesiapan dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024. Acara berlangsung di Lapangan dr Murdjani Banjarbaru, Selasa (17/10).

Dalam upacara yang dihadiri Wakapolda Kalsel, Pejabat Utama Polda Kalsel, Forkopimda Provinsi Kalsel, Forkopimda Kota Banjarbaru, Penyelenggara dan Pengawas Pemilu 2024, Kapolda Irjen Pol Andi Rian menekankan pentingnya kesiapan aparat kepolisian dalam mengamankan jalannya Pemilu 2024.

Ia menyampaikan bahwa tugas utama kepolisian adalah memastikan pelaksanaan Pemilu berjalan aman, tertib, dan demokratis.

“Kita harus siap sedia menghadapi setiap potensi ancaman yang mungkin muncul selama proses Pemilu 2024. Keamanan masyarakat adalah prioritas utama kita,” ujar Kapolda Kalsel.

Sebanyak 6000 personel dikerahkan Polda Kalsel untuk mengamankan Pemilu Serentak 2024, yang diperkuat lagi dengan personel dari Korps Brimob Polri dan personel Dalmas.

Terkait kerawanan, Kapolda mengatakan meskipun Kalimantan Selatan tidak termasuk wilayah rawan namun hal itu jangan menjadikan kita underestimate (meremehkan, red), melainkan harus selalu bersiap mengantisipasi hal-hal terburuk terjadi.

“Berdasarkan pemetaan kerawanan, wilayah Kalimantan Selatan tidak termasuk kerawanan politis/konflik, namun kerawanan secara geografis yang kita ketahui bersama di Kabupaten Kotabaru ada daerah kepulauan yang perlu dijangkau menggunakan transportasi laut, kemudian juga beberapa daerah di pegunungan Meratus yang hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki,” tambah Kapolda.

Oleh karena itu, lanjutnya, Polda Kalsel dan Jajaran bersama Pemerintah Daerah dan seluruh pemangku kepentingan harus saling bahu-membahu bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas agar Pemilu 2024 dapat berlangsung aman dan damai.

“Pemilu adalah pesta demokrasi, oleh karena itu, mari kita gelorakan dan menyukseskan Pemilu yang aman, damai dan kondusif, dengan mendatangi TPS-TPS menyalurkan hak pilihnya untuk pemimpin 5 tahun kedepan,” ajak Kapolda.

Ia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk mendukung pelaksanaan Pemilu dengan menjaga perdamaian dan tidak terprovokasi oleh isu-isu yang dapat memecah belah persatuan.

“Upacara gelar pasukan ini menjadi simbol komitmen Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama Pemilu 2024 di Kalimantan Selatan,” pungkasnya.

Editor : Eddy Dharmawan

Pos terkait

banner 468x60