Mencegah Penyakit Menular, Dinas POL PP dan Damkar HSU Lakukan Vaksin Rabies

Wartaniaga.com, Amuntai- Karyawan Pemadam Kebakaran (damkar) di lingkup Dinas Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Hulu Sungai Utara, Bidang Linmas dan Damkar HSU lakukan vaksinasi virus rabies, di Puskesmas Sei Malang, Kecamatan Amuntai Tengah, Senin (26/6).

Kepala Bidang Linmas dan Damkar HSU,Barkat Syahrul Kalam menjelaskan Virus rabies atau lebih dikenal dengan penyakit anjing gila merupakan penyakit yang ditularkan dari hewan ke manusia.

“Biasanya,hewan yang membawa virus ini adalah anjing , kucing, kera ,dan kelalawar, ” ujarnya.

Ia mengatakan guna mengantisipasi hal tersebut, maka pihaknya berupaya memberikan perlindungan kepada anggotanya yang bertugas menangani hewan dengan melakukan pemberian vaksin kepada anggotanya.

Adapun vaksin yang diberikan berupa vaksin Profilaksis Pra -Pajanan (PrPP) dimana vaksin ini bisa diberikan pada manusia yang belum terpapar dan orang – orang berisiko tinggi terhadap pekerjaannya.

“Orang – orang ini merupakan petugas yang secara langsung bersentuhan dengan hewan ,jadi kami berupaya melindungi mereka dengan memberikan vaksin,dimana vaksin ini berguna untuk membentuk antibodi agar sistem kekebalan tubuh mampu melawan infeksi virus sejak awal,”imbuhnya.

Reporter: Darma Setiawan
Editor: Aditya

Pos terkait

banner 468x60