Melonjak 122%, Ribuan Jamaah Haji Kalsel Terbang dari Bandara Internasional Syamsudin Noor

Jamaah haji kloter pertama berangkat melalui Bandara Internasional Syamsudin Noor (Foto:Ist)

Wartaniaga.com, Banjarbaru – Embarkasi Haji Kalimantan Selatan kembali dilakukan pada tahun ini. Para jamaah akan diberangkatkan melalui Bandara Internasional Syamsudin Noor.

Kloter pertama jamaah haji Kalimantan Selatan tahun 2023 diberangkatkan pada Senin (29/05) pukul 16.53 WITA menggunakan pesawat jenis A330-300 Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 8101.

Dalam penerbangan ini total sebanyak 327 jamaah haji terbang dari Tanah Banua menuju Bandara di Kota Madinah.

“Kami bersyukur dapat kembali menjadi bagian dalam proses mengantarkan tamu Allah melalui penerbangan haji tahun 2023,” ungkap Dony Subardono, General Manager Bandara Internasional Syamsudin Noor.

Dony mengatakan total sebanyak 5.515 jamaah dari Kalimantan Selatan akan diberangkatkan pada rentang waktu 29 Mei hingga 21 Juni 2023 dan debarkasinya nanti pada 09 Juli sampai dengan 02 Agustus 2023.

“Sebagai upaya untuk memberikan layanan terbaik, Manajemen Angkasa Pura I telah memastikan fasilitas kebandarudaraan dan para personel dalam kondisi yang prima,” lanjutnya.

Selain itu, komunikasi dan koordinasi aktif terus dijalin dengan pihak-pihak terkait, seperti Kementerian Agama Kalimantan Selatan, Imigrasi, pihak maskapai, Perum DAMRI, dan instansi lain yang terkait untuk kelancaran embarkasi dan debarkasi.

Untuk memudahkan jamaah haji dalam proses _boarding_, Manajemen Angkasa Pura I memberikan layanan _screening_ pemeriksaan keamanan di Asrama Haji Banjarmasin.

Setelah proses tersebut dilalui, rombongan jamaah haji diantarkan menggunakan 10 unit bus secara beriringan dari Asrama Haji Banjarmasin menuju Bandara Internasional Syamsudin Noor.

Dari proses ini, para jamaah haji dapat langsung memasuki melalui sisi pesawat udara sebagai pintu masuk.

“Alhamdulilah, tahun ini jumlah jamaah haji dari Kalimantan Selatan meningkat 122% dari tahun sebelumnya,” jelasnya.

Tahun lalu lanjut Dony, kami melayani total 2.487 jamaah, sementara tahun ini adalah 5.515 jamaah haji. Antusiasme dari para jamaah pada periode ini yang mayoritas sudah berusia lanjut pun menjadi suntikan semangat dalam mengupayakan layanan terbaik.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada para stakeholder terkait atas sinergi yang terjalin. Harapan kami tentunya para jamaah haji dari Kalimantan Selatan dapat menunaikan ibadahnya dengan lancar dan menjadi haji yang mabrur,” tutup Dony.

Editor: Eddy Dharmawan

Pos terkait

banner 468x60