Meriahkan Kreasimuda 2022, Bank Kalsel Bersama Pemkab Tala Implementasikan Program Bekantan

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Dalam rangka meningkatkan awareness masyarakat terhadap Program KEJAR dan sebagai salah satu rangkaian dari kegiatan Hari Indonesia Menabung tahun 2022, OJK bersama Kementerian Lembaga, industri Perbankan, serta stakeholders terkait di seluruh wilayah Indonesia akan melaksanakan kembali kegiatan pembukaan rekening, publikasi, dan edukasi keuangan secara masif melalui kegiatan KEJAR Prestasi Generasi Muda Indonesia (KREASIMUDA) yang pada tahun 2022 ini bertema “Wujudkan Generasi Muda yang Kreatif, Inovatif, dan Inklusif”.

Menyambut baik inisiatif tersebut Bank Kalsel bersama dengan Pemkab Tanah Laut dan OJK Regional 9 Kalimantan mengimplementasikan Program BEKANTAN (Buka Rekening Tingkatkan Literasi Gemar Menabung) yang diintegerasikan dengan kegiatan Manunggal Tuntung Pandang mendukung Program Satu Rekening Satu Pelajar “GENTA SAMBUNG RASA” Kabupaten Tanah Laut.

Mengambil lokasi di SMAN 1 Pelaihari, kegiatan diikuti oleh 500 siswa gabungan dari SMAN 1 Pelaihari, SMPN 1 dan SMPN 2 Pelaihari, SDN Angsau 4 dan SDN Atu-atu.

 

Program ini merupakan sebuah inovasi model kegiatan untuk mendorong program KEJAR dalam setiap kegiatan Literasi Keuangan Bank Kalsel. Program yang mengusung konsep kolaborasi edutainment (education & entertainment) ini tidak hanya mengajak siswa mendengar edukasi mengenai kelembagaan dan produk perbankan saja, tetapi juga diajak untuk membuka rekening, bermain games keuangan (Ranking #1), mengunjungi mobil literasi (SIMOLEK) dan langsung mempraktekan penyetoran tabungan, pengecekan saldo melalui mobile ATM dan mobile banking. Dalam kesempatan tersebut juga telah dibuka 500 rekening Simpanan Pelajar (SimPel) secara serentak.

BACA JUGA:  Rayakan dan Sempurnakan Jum'at Berkah dengan Bersedekah Melalui Bank Kalsel

Dalam sambutannya Direktur Utama Bank Kalsel, Hanawijaya menjelaskan model edukasi ini telah diuji mulai dari awal tahun 2022 dengan memperhatikan kesiapan SDM Bank dan kedepan model kegiatan edukasi ini akan secara konsisten diterapkan sebagai upaya berkelanjutan Bank Kalsel mendukung tercapainya tujuan program KEJAR, tentunya dengan terus berkolaborasi bersama OJK, Pemerintah Daerah, Pihak Sekolah, dan stakeholder terkait lainnya.

Selain itu, di masa yang akan datang Bank Kalsel juga terus mengkaji kesiapan mobile banking untuk dapat memfasilitasi pembukaan rekening pelajar secara online.

“Diharapkan dengan model ini akan dapat meningkatkan literasi keuangan siswa dengan lebih efektif dan sekaligus membangun minat persepsi siswa bahwa menabung di bank itu mudah, aman dan memiliki kebanggaan tersendiri”, terang Hana.

BACA JUGA:  Bank OCBC NISP Layani Tabungan Haji

Lebih lanjut Kepala OJK Regional 9 Kalimantan, Riza Aulia Ibrahim mengatakan OJK sangat mengapresiasi inovasi model edukasi dan inklusi keuangan kolaboratif yang diterapkan Bank Kalsel.

Model ini bukan saja sesuai dengan karakteristik milenial namun juga diharapkan benar-benar bisa mendekatkan Bank kepada siswa sejak dini dalam hal penggunaan produk tabungan dan mobile banking di tengah era digitalisasi ini.

“OJK siap memberikan dukungan materi-materi edukasi yang diperlukan Bank Kalsel maupun perbankan lainnya dalam menjalankan kegiatan Bank Goes to School di masa-masa yang akan datang. Sekali lagi kami menyampaikan apresiasi kami dalam penyelenggaraan kegiatan KREASIMUDA yang dimotori oleh Bank Kalsel dan Pemerintah Kabupaten Tanah Laut”, terang Riza.

BACA JUGA:  Bank Kalsel Dukung Gerakan Menabung Sejak Dini

Di kesempatan yang sama Bupati Tanah Laut, H. Sukamta mengharapkan program ini dapat mengakselerasi pencapaian target inklusi keuangan yang ditetapkan oleh Presiden RI pada Rapat Terbatas SNKI (Strategi Nasional Keuangan Inklusif) tanggal 28 Januari 2020, yaitu mencapai lebih dari 90% pada tahun 2023.

“Dengan adanya program ini diharapkan dapat meningkatkan lebih banyak pelajar di Kabupaten Tanah Laut yang memiliki dan menggunakan Tabungan SimPel Bank Kalsel untuk menabung, sehingga nanti akan menjadi bekal pengetahuan pengelolaan keuangan mereka dimasa akan datang”, pungkasnya.

Sebagai informasi kegiatan turut dihadiri Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Tanah Laut, H. Ahmad Hairin; Kepala Dinas Pendidikan Tanah Laut, H. Zainal Abidin; Deputi Direktur OJK Regional 9 Kalimantan, Insan Hasani; Kepala Divisi Dana & Digital Banking, Hambali; Kepala Bank Kalsel KC Pelaihari, M. Hanafiah dan Kepala Sekolah SMAN 1 Pelaihari, Ihsanul Imani beserta para guru.

Editor: Aditya

L

Pos terkait