Yani Helmi Bekali Siswa SMKN 2 Simpang Empat dengan Wawasan Kebangsaan

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Batulicin – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan bekali Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Simpang Empat, Tanah Bumbu, dengan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan.

“Pembekalan ini untukmenangkal radikalisme,” ucap Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi.

Ia mengatakan hal tersebut berguna untuk memantapkan sikap tenggang rasa antar umat beragama sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di Kalsel.

Lanjut, hal tersebut juga sebagai kewajiban legislatif di DPRD Kalsel, tentu wawasan kebangsaan  bagian dari amanah Undang- Undang (UU) untuk disampaikan karena penting dalam menjaga kedaulatan.

Paman Yani menyebut generasi muda perlu ditanamkan sikap cinta terhadap negara sejak di bangku pendidikan sebagai modal dalam mengantisipasi unsur negatif yang dapat merusak persatuan dan kesatuan.

BACA JUGA:  Di New Normal, Kodim 1001 Pastikan Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

“Pancasila sebagai ideologi dan persatuan adalah kunci mutlak negeri kita untuk tetap berdiri kokoh,” bebernya.

Dirinya juga sempat bercerita soal sejarah merebut kemerdekaan Indonesia yang sekaligus dalam mempertahankan kedaulatan negara dengan cara mengusir penjajah baik pada masa kolonial belanda maupun kekejaman tentara jepang.

“Generasi muda yang siap menjawab tantang ke depan. Besok atau lusa negara Indonesia mau maju tergantung dari mereka sebagai penerus bangsa,” ungkapnya.

Terlepas itu, pada zaman serba canggih, ia juga tak bosannya mengingatkan kepada generasi muda agar jangan mudah terprovokasi terhadap penyebaran informasi hoax yang dapat menimbulkan perpecahan.

Sementara itu Kepala SMK Negeri 2 Simpang Empat, Kasidi mengaku bersyukur karena satuan pendidikannya terpilih untuk mendapatkan materi khusus pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan yang sangat bermanfaat bagi generasi muda yang melek digital.

BACA JUGA:  Hasnur Ajak Kader PP Membangun Karakter Jujur

Pos terkait