Ribuan Jamaah Hadiri Haul Ganal Datu Kalampayan ke-216 di Mahligai Pancasila

Wartaniaga.com,Banjarmasin- Ribuan jamaah hadiri peringatan Haul Ganal/Akbar ke-216 Maulana Syekh Muhammad Asyad Al Banjari atau Datu Kalampayan, bertempat di Mahligai Pancasila Banjarmasin.

Jamaah yang hadir tidak hanya dari dalam kota saja melainkan juga dari luar kota.

Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor mengatakan haul Akbar ke-216 Datu Kalampayan adalah momentum kebahagiaan yang luar biasa, dikarenakan dapat berdampingan dengan para habib dan ulama, sambil mengenang sosok Datu Kalampayan yang memiliki peran besar dalam sejarah perkembangan Islam di Kalsel.

“Kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut, termasuk haul Muhammad Zaini bin Abdul Ghani Al-Banjari atau Guru Sekumpul dan lainnya,” ucapnya.

Ia pun berharap, usulan gelar Pahlawan Nasional kepada Syekh Muhamad Arsyad Al-Banjari dikabulkan Pemerintah Pusat.

Selain itu, Alim ulama yang ada berhadir juga merasa bersyukur atas diselenggarakannya Haul Ganal Datu Kelampayan ke-216.

Sebagai wujud bersyukur, Habib Ali bin Abdullah Al Idrus mengatakan dengan adanya haul tersebut, Beliau berdoa dan berharap Allah SWT memberikan keselamatan bagi banua Kalimantan Selatan dan mengabulkan segala hajat jamaah yang hadir.

Senada, Guru Wildan Salman mengatakan hikmah dari penyelenggaraan haul ini adalah menyatukan antara ulama dan umara.

Sedangkan, Guru Yanor asal Kalua berharap Haul Datu KH Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari atau Datu Kalampayan yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan diharapkan masuk kalender tahunan.

Editor: Aditya
Sumber: Biro Advim Sekdaprov Kalsel

Pos terkait

banner 468x60