Puncak Event Mappanreritasi’e 2022 Berlangsung Meriah

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Batulicin – Hari puncak pelaksanaan event Mappanreritasi’e atau Pesta Pantai di Pantai Pagatan Kabupaten Tanah Bumbu pada tahun 2022 ini terasa jauh berbeda dikarenakan tahun ini Lembaga Ade Ogi sebagai pelaksana event ini ingin mengadakan dengan konsep yang lebih religius dan terbebas dari unsur kesyirikan.

Tepat pada hari Minggu (22/5), puncak event ini diramaikan dengan pelaksanaan turun ke laut menggunakan kapal nelayan hias, beriringan dengan puluhan kapal nelayan hias lainnya berangkat dari dermaga jetty Pagatan menuju hingga di tengah lautan.

Event ini dihadiri oleh Bupati Kabupaten Tanah Bumbu H.M Zairullah Azhar, Ketua Lembaga Ade Ogi Pagatan Fawahisah Mahabbatan, Staf Ahli Gubernur Kalimantan Selatan Suparno, Ketua DPRD H. Supiansyah ZA, Ketua Dandim 1022 Rahmat Trianto, Kepala Kejaksanaan Negeri I Wayan Wiradharma, Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu H. Ambo Sakka, Kepala Satuan Binmas AKP H. Opa Atim, Ketua MUI H. Suhuful Amri, dan beberapa pejabat dan instansi di Kabupaten Tanah Bumbu.

BACA JUGA:  Anggrek Bulan Raksasa Hadir di Meratus Orchid Show 2021

Kapal utama yang dinaiki Bupati Tanah Bumbu dan Sandro dari Lembaga Ade Ogi, juga dikawal oleh Satpolairud Polres Tanah Bumbu, Lanal, Basarnas dan BPBD di laut Pagatan sampai dengan kembali ke darat lagi. Semua kapal saling iring-ringan, serta membawa makanan seperti Lapat dan Sokko Tumbu makanan berasal dari khas adat Bugis untuk dimakan bersama di tengah lautan.

Sesampainya di tengah lautan, pembacaan doa pun dilaksanakan dengan harapan tangkapan ikan untuk para nelayan nantinya kembali melimpah dan bisa memakmurkan perekonomian para nelayan.

Bupati Tanah Bumbu H.M. Zairullah Azhar, mengapresiasi event yang digelar oleh Lembaga Ade Ogi yang sejak dari pembukaan hingga penutupan sejauh ini berjalan dengan lancar dan terbebas dari bau kesyirikan.

Pos terkait