Cegah PMK, DKP3 Balangan Lakukan Biosecuriti

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Paringin – Untuk mencegah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternak, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Balangan bersama dengan tim gabungan Polres Balangan, Koramil, Anggota Dewan, dan Keswan Balangan melakukan kegiatan Biosecuriti, Selasa (17/5/2022).

Maraknya penyebaran PMK pada ternak seperti sapi, kambing, dan babi yang disebakan oleh virus kelompok apthovirus dari keluarga picornaviridae yang sudah menyebar pada beberapa kabupaten yang ada di Kalimantan Selatan, membuat Pemerintah Kabupaten Balangan melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Bidang Perternakan mengambil langkah cepat untuk penyakit ini.

Kepala DKP3 Balangan Ir Tuhalus menjelaskan, Kabupaten Balangan memang tidak terlalu banyak berimbas penyakit PMK ini namun pemerintah ingin meningkatkan baik biosecuriti maupun daya tahan tubuh ternak.

BACA JUGA:  BNNK HSU Serahkan Bantuan Sembako untuk Desa Danau Terati 

“Mudah-mudahan kita tidak terimbas pada penyakit ini, berdasarkan hasil pemeriksaan tidak ada gejala klinis terhadap penyakit PMK yang ada di Kabupaten Balangan,” ujarnya.

Pemeriksaan yang dilakukan oleh Bidang Peternakan DKP3 Balangan ini terfokus pada 3 wilayah yang memiliki jumlah ternak cukup banyak, yaitu di sentra kawasan pembibitan peternakan di Desa Gampa Kecamatan Paringin Selatan dengan jumlah hewan ternak sapi yang diperiksa 36 ekor, Desa Kalahiang Kecamatan Paringin jumlah 12 ekor, dan Desa Lajar Kecamatan Lampihong berjumlah 25 ekor.

“Semua yang diperiksa dalam keadaan aman dan tidak terinfeksi PMK, selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan secara bertahap ke desa-desa lain di Kabupaten Balangan,” ucapnya.

Pos terkait