Pemprov Kalsel Dukung Penuh Pemaksimalan Bandara Warukin Tabalong

  • Whatsapp
L

Wartaniaga.com, Banjarbaru – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mendukung penuh pemaksimalan Bandara Warukin di kabupaten Tabalong, untuk dapat melayani penerbangan dari dan ke daerah Tabalong.

Menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kalsel, Ariadi Noor, pemaksimalan bandara tersebut sangat baik, terlebih lokasi kabupaten Tabalong akan bersebelahan langsung dengan Ibu Kota Negara (IKN) baru.

“Momentum ini sangat baik sekali untuk menunjang IKN di Kaltim nanti, apalagi kabupaten Tabalong lokasinya sangat strategis untuk melayani dari dan ke IKN,” ucapnya Rabu (20/4).

Kepala Bappeda Kalsel, Ariadi Noor

Berbagai macam upaya pun telah dilakukan untuk pemaksimalan bandara Warukin ini. Salah satunya dengan mengajak rombongan Komisi V DPR RI ke wilayah tersebut saat melakukan kunjungan ke Kalsel belum lama tadi.

BACA JUGA:  Hasnuryadi Pantau Langsung Bibit Muda Banua

“Upaya kita meyakinkan rombongan Komisi V (lima) DPR RI ini untuk mendukung pemaksimalan bandara ini melalui program di pusat. Apakah melalui dana APBN murni, bantuan luar negeri, atau sumber lainnya,” jelasnya.

Terpisah, Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani menyebut, posisi Kabupaten Tabalong yang strategis berdekatan dengan IKN baru sangat potensial bagi pembangunan, termasuk bandara internasional.

Pemkab Tabalong sendiri diakuinya, telah menyiapkan lahan seluas 200 hektare untuk pembangunan bandara Internasional di Desa Kambitin yang berbatasan langsung dengan Provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur.

“Mudah-mudahan ini bisa terwujud walaupun masih panjang perjalanannya, tetapi akan kita siapkan apa saja yang diperlukan,” ucapnya.

Reporter : Rini
Editor : Aditya

 

Pos terkait