Pemkab Balangan akan Bangun Sport Center

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Paringin – Pemerintah Kabupaten Balangan terus berupaya realisasikan pembangunan Sports Centre sebagai sarana pusat olahraga di kabupaten Bumi Sanggam.

Komitemn ini disampaikan Bupati Balangan, H Abdul Hadi kepada bebrapa awak media di Paringin, Senin (3/1)

Diakuinya, saat ini masih terdpat berbagai kendala, namun Pemkab Balangan, tetap terus berupaya agar pusat olahraga seluas kurang lebih 20 hektare tersebut dapat segera terealisasi.

Menurutnya kebutuhan dana untuk pembangunan Sport Centre memakan anggaran cukup besar sehingga tidak mungkin menggunakan dana APBD daerah.

“Untuk sport centre ini sedikit kendala, karena tidak ada dalam menu Dana Alokasi Khusus (DAK). Untuk itu, maka harus ke Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Setelah itu baru membawa rekomendasinya ke Kemenpora, dan rekomendasi dari Kemenpora akan dibawa ke Kementerian PUPR,” jelasnya.

BACA JUGA:  Sukamta Ajak Masyarakat Siaga Bencana

Adanya pandemi covid-19, lanjutnya membuat upaya koordinasi untuk mendapatkan rekomendasi dengan pihak kementerian terkendala,

“ Di Jakarta beberapa instansi Kementerian sedang melaksanakan Work From Home sehingga pertemuan yang dimaksudkan belum terealisasi,” bebenya.
Diharapkannya, pandemi cepat berakhir sehingga kembali dapat dilakukan kordinasi dan lobby ke kementerian.

“Untuk dananya di atas Rp 100 miliar, untuk feasibility study (kajian/studi kelayakan;red) serta masterplannya sudah selesai, itu yang akan kita bawa ke Kementerian, jadi kalau menggunakan dana APBD jelas tidak sanggup,” ungkapnya.

Terkait lokasi Sport Center, kata Abdul Hadi tetap seperti rencana semula, yakni di Jalan A Yani, Desa Mampari, Kecamatan Batumandi, karena dianggap cukup strategis, serta sudah sesuai dengan kajian kelayakan.

BACA JUGA:  Vaksinasi PT ITP Tbk Plant Tarjun Mendapat Apresiasi dari Dinkes Kotabaru

Reporter : Siti Nurjanah
Editor : Nirma Hafizah

Pos terkait