Kementerian ESDM Perintahkan Portal Jalan Hauling KM 101 Tapin Dibuka, Supiansyah Darham: Apabila PT TCT Tetap Menutup Sopir Angkutan Pilih Jalan Negara

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indoensia melalui Dirjend Mineral dan Batubara memerintahkan PT Tapin Coal Terminal (TCT) agar segera membuka portal Jalan Hauling KM 101 di Kabupaten Tapin.

Hal tersebut tertuang dalam surat nomor : T-53/MB.05/DJB.B/2022 tentang Pembukaan Portal Ruas Jalan Angkut Dekat Underprass Km 101 Tapin.

Permintaan itu dimaksudkan untuk kelancaran angkutan batubara PT AGM memenuhi pasokan batubara ke PLN, sampai adanya penyelesaian masalah status tanah di ruas jalan angkutan batubara dekat underpass Km 101 PT AGM dan PT TCT.

Kuasa Hukum Sopir Angkutan Batubara, Supiansyah Darham, SE.SH menegaskan, setelah adanya surat itu, kemudian pihak PT TCT tetap bersikeras menutup jalan hauling, berarti Kementerian ESDM juga tidak berdaya menghadapi manajemen PT. TCT.

BACA JUGA:  Kota Idaman Raih Penghargaan 'Kota Sehat' Dari Presiden

“Jika jalan hauling tetap ditutup, tidak ada pilihan bagi para sopir angkutan batubara untuk bisa bertahan hidup memenuhi kebutuhan keluarga, para sopir akan melintasi jalan negara,” jelasnya.

Ia mengatakan hasil diskusi dengan para sopir angkutan, bersepakat akan melintasi jalan negara sejauh sekitar 8 meter.

“Hanya menyeberang jalan. Karena mereka semua butuh pekerjaan, butuh makan, butuh menghidupi keluarga,” ujarnya.

Beriringan dengan terbitnya surat dari Kementerian ESDM, komunitas sopir angkutan batubara yang merasa dirugikan atas adanya penutupan jalan hauling.

Editor: Aditya

L

Pos terkait