Pemerintah Targetkan Rehabilitasi Ekosistem Mangrove di Pesisir Kalsel Capai 3000 Ha

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Tanah Bumbu- Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) bersama Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) serta Balai Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung (BPDASHL) Barito menargetkan rehabilitasi mangrove mencapai 3000 hektar.

Anggota Komisi II DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi, menjelaskan dengan keprihatinan atas kondisi ekosistem mangrove sejumlah wilayah di Kabupaten Tanah Bumbu menjadi dasar adanya program rehabilitasi tersebut.

“Kami hadir untuk masyarakat disini, baik dari Kementerian KLHK, Dishut dan Dislautkan Kalsel,” ucapnya.

Lanjut, penanganan untuk rehabilitasi mangrove tidak bisa dilakukan secara sendiri-sendiri. Maka dari itu, sinergi menjadi hal utama.

“Kita lihat sekarang pusat, provinsi dan kabupaten sudah jadi satu. Diharapkan, tahun depan perbaikan ekosistem tersebut sudah dilaksanakan,” ujarnya.

BACA JUGA:  Wabup Syamsuri Kukuhkan Pengurus DHR 45 Kecamatan

Bahkan, ia menilai terkait kondisi yang telah terjadi seluruhnya bukan kesalahan dari masyarakat, tetapi, harus menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Kalsel dan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu.

Sementara itu, Plt Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kusan, Tanah Bumbu, Dewi Wulandari, menuturkan khusus target lahan yang digarap di Tanah Bumbu diketahui mencapai 600 hektare.

Dari 600 hektar lahan rehabilitasi mangrove yang ditargetkan, dia menyebutkan, berada di wilayah Kusan Hilir dan Batulicin, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

L

Pos terkait