Maksimalkan Kebersihan Jalan, DPLH Balangan Sipakan Truk Penyapu Jalan

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Paringin – Memaksimalkan kebersihan jalan di kabupaten Balangan, pemkab setempat melalui Dinas Pertanahan dan Lingkungan Hidup (DPLH) Balangan menyiapkan kendaraan penyapu jalan atau Road Swepeers.

Untuk itu, DPLH Balangan melatih tiga orang ASN-nya mengoperasikan dan pengenalan unit Road Swepeers dan Unit Truk Sampah Press (Compactor) selama dua hari yang digelar di kawasan Tugu Maritam, sejak Rabu (8/12) kemarin.

Kepala Bidang Pengelolaan Persampahan Dinas PLH Kabupaten Balangan, Dessy Reyhannie mengatakan pelatihan pengoperasian dan pengenalan unit tersebut memang sangat diperlukan untuk menambah wawasan petugas kordinator lapangan lingkungan hidup di bidang pengelolaan persampahan.

“Ada tiga orang yang merupakan staf di bidang pengelolaan persampahan Dinas PLH Balangan yang mengikuti pelatihan tersebut, setelah nanti mereka selesai pelatihan merekalah yang akan mentransfer atau melatih driver baru yang kemungkinan setelah kontrak baru untuk supir di tahun 2022,” ujarnya

BACA JUGA:  Perda Nomor 4 Tahun 2016 : Masyarakat Sejahtera, Desa Maju

Ia berharap, dengan adanya unit baru tersebut bisa lebih memaksimalkan pengelolaan persampahan khusunya untuk membantu pengangkutan sampah di Balangan.

“Semoga dengan adanya penambahan unit baru dapat mengoptimalkan kinjerja pengelolaan persampahan di Balangan terutama pada pengangkut sampah,” harapnya.

Sementara itu, Teknisi PT Gemilang Teknis Persada, Ridwan mengungkapkan kelebihan unit sampah press (compactor) adalah dapat menampung sampah lebih banyak dengan perbandingan 1 : 3 dari muatan truck biasa dan bisa memisahkan sampah dengan air limbah.

Sedangkan untuk unit kendaraan penyapu jalan (road swepeers) sendiri, keunggulannya adalah dapat bekerja lebih optimal dari pada sistem manual dengan kemampuan dapat menyapu sampah di jalan sepanjang 15 kilometer dalam waktu maksimal satu jam dengan penggunaan jumlah BBM 8 liter per jam.

BACA JUGA:  DPC BPAN LAI Tanah Laut Berikan Apresiasi pada BPN Tala dan BPKAD Tala

“Unit road swepeers bisa menampung 4 meter kubik atau 4000 liter sampah. Armada ini dilengkapi vakum untuk menghisap sumbatan sampah di saluran air dan pompa tekanan untuk membilas jalan dan trotoar,”sebutnya.

Reporter : Siti Nurjanah
Editor : Aditya

L

Pos terkait