Kadis DLH Ungkap Kualitas Lingkungan Hidup Kalsel Alami Peningkatan

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Kualitas lingkungan hidup untuk tahun 2021 provinsi Kalimantan Selatan mengalami peningkatan pada angka lebih dari 70,90 persen.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana kualitas lingkungan hidup tersebut lebih baik dari tahun sebelumnya (2020) pada angka 68,43 persen.

“Kita ukur melalui indeks kualitas lingkungan hidup untuk tahun 2021 Alhamdulillah sudah mengalami peningkatan lagi,” bebernya,Senin (27/12).

Ia mengatakan pencapaian tersebut diperoleh berkat upaya bersama, karena memang pekerjaan lingkungan hidup tidak bisa hanya dikerjakan sendiri, melainkan lintas sektor lintas wilayah untuk bisa membangun dan pencegahan terhadap pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup di Kalimantan Selatan.

Lanjutnya, salah satu fokus DLH Kalsel yaitu melakukan pengendalian pencemaran dan perusakan di Sungai Martapura.

BACA JUGA:  H Supian HK Serahkan APD ke Gugus Tugas Covid-19 HSU

“Misalnya melalui pengawasan pembinaan, terusan kemudian bagaimana kita menjaga instrumen lingkungan,” bebernya.

Selain itu, dirinya juga menjelaskans untuk mengetahui Indeks lingkungan hidup yang baik diantaranya mengetahui kualitas air.

“Kualitas air secara rutin tiga kali satu tahun dilakukan pemeriksaan dibeberapa titik pantau,” ucapnya.

Kemudian pihaknya juga melakukan pengecekan terhadap indeks kualitas udara, indeks kualitas tutupan lahan.

Pada saat ini indeks tutupan lahan dapat dilihat secara langsung maupun dari satelit, serta indeks kualitas air laut, tentunya semua hal tersebut disajikan dengan data yang akurat.

Editor: Aditya

Pos terkait