Disdag Kalsel : Hadapi Nataru, Sembako Aman dan Terpenuhi

  • Whatsapp
Kadisdag Kalsel, Birhasani

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Kecukupan bahan makanan dan sembako di provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam status aman dan terpenuhi, disaat menhadapi Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021-2022 ini.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Perdagangan (disdag) Kalsel, Drs Birhasani Msi disela acara Borneo UMKM Expo 2021 di Amanah Borneo Park Banjarbaru akhir pekan tadi kepada sejumlah wartawan.

“Untuk menghadapi Natal dan Tahun Baru, Insya Allah pasokan bahan makanan dan sembako aman baik dari persedian maupun harga barang terkendali dipasaran,”ujarnya.

Birhasani juga mengatakan bahwa, pada 3 minggu terakhir ini yang mengalami kenaikan yaitu minyak goreng, hal ini dikarenakan bahan baku CPO ditingkat Internasional mengalami kenaikan.

BACA JUGA:  Paman Birin Bentuk Satgas Cegah Karhutla Kalsel

Selain meningkatnya permintaan baik di dalam maupun di luar negeri, kenaikan nilai produksi minyak goreng tersebut juga ikut mengalami kenaikan. Meskipun tidak terlalu signifikan dan masih terkendali.

“Untuk menghadapi Nataru, di Minggu ketiga bulan Nopember ini, Disdag Kalsel akan mengelar pasar murah disetiap kabupaten/kota. Terutama daerah yang memiliki umat Kristiani dan masyarakat yang kurang mampu,”terangnya.

Sementara itu, kenaikan harga minyak goreng kemasan biasa dipasaran kisaran 17,5 – 18 ribu sedang untuk kemasan premium berkisar 18,5-20 ribu/liter harga ini tergantung dengan pabrik dan mereknya.

“Pasar murah nanti akan diikuti distributor dan produsen dan para UMKM dalam rangka membantu mereka dalam pemasaran produksinya sehingga akan membangkitkan perekonomian mereka serta banua,”pungkas Birhasani.

BACA JUGA:  H Lutfi Serahkan Formulir Calon Ketua PWI

Editor : Eddy Dharmawan

Pos terkait