Hari ini, 229 Orang Berebut Menjadi Kepala Desa di HSU

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Amuntai – Sebanyak 73 desa di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) , melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak hari ini Rabu (27/10).

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) HSU, Rizali Hadi saat memantau pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak dengan Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) RI mengungkapkan bahwa proses Pilkades berjalan lancar.

Rizali mengatakan, pelaksanaan Pilkades serentak ini juga melibatkan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 HSU dalam penerapan protokol kesehatan (Prokes) mulai tahapan pemungutan suara hingga perhitungan suara.

“Meskipun kegiatan Pilkades (berlangsung), tidak menjadi sumber penularan Covid-19.” ucap Rizali.

Sedangkan untuk pengamanan itu sendiri, pelaksanaan Pilkades juga di dukung dari Polres HSU, Kodim 1001/Amt dan linmas di desa masing-masing.

BACA JUGA:  Cuncung, Tinggalkan Kursi Senayan Demi Tanah Kelahiran

“Sampai saat ini proses (Pilkades) berjalan dengan lancar, mudah-mudahan berjalan dengan lancar.” ujarnya.

Plt Kepala DPMD itu menambahkan, untuk saat ini kemungkinan yang menjadi perhatian lebih adalah penerapan protokol kesehatan di TPS masing-masing desa.

“Bagaimana pemilih yang datang, maupun panitia yang bertugas, itu tetap melaksanakan protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan dan mencegah kerumunan.” jelas Rizali.

Ia berpesan, kepada seluruh panitia pelaksana yang menjalankan tugas agar melaksanakan sesuai dengan ketentuan berlaku.

Sebagai informasi, ada 139 TPS dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 51.965 pemilih, sedangkan jumlah calon kepala desa ada 229 orang.

Disisi lain, Ketua KPPS Desa Sungai Karias Ahmad Zaki Syarif dalam laporannya, sampai saat ini sudah sekitar 75 persen menggunakan hak pilihnya dari 500 daftar pemilih tetap.

BACA JUGA:  JH Gepak Balangan : Terima Kasih Para Donatur

Sedangkan untuk penerapan protokol kesehatan di TPS, para pemilih diwajibkan mematuhi prokes seperti, menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Kami menyediakan masker gratis bagi warga yang lupa membawa masker dan menyediakan tempat cuci tangan.” tutup Syarif.

Reporter : Darma Setiawan
Editor : Edhy Dharmawan

Pos terkait