50 UKM Dapat Pelatihan Dasar Laporan Keuangan dari BAZNAS Banjarmasin

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Sebanyak 50 Usaha Kecil Mikro (UKM) di Banjarmasin mendapat pelatihan dasar laporan keungan dari Badan Amin Zakat, Infak dan Sodaqh (BAZNAS) kota Banjarmasin.

Tujuannya, selain melakukan pembinaan terhadap para UKM yang sudah mendapat bantuan permodal juga bagaimana mereka bisa mengatur keungan usaha.

Kegiatan ini dibuka oleh Drs. H. Gt. Suria Darmani, MM. selaku Wakil Ketua BAZNAS Kota Banjarmasin serta dihadiri pula oleh pejabat Kantor Kementerian Agama, dalam hal ini diwakili Oleh H. Ismail Sani, M.Ag selaku Kepala Seksi Zakat dan Wakaf, serta seluruh unsur pelaksana BAZNAS Kota Banjarmasin sekaligus sebagai panitia.

Ada dua materi yang diterim para pelaku UKM tersebut, yang pertama oleh Dr. Budi Rahmat Hakim, S.Ag., M.H.I. dengan judul Motivasi Berbisnis dalam Islam dan yang kedua oleh DR. H. Suyanto, MM., MNLP., CRMP., CI. dengan judul Laporan Keuangan Dasar.

BACA JUGA:  Farhani Nilai Bapaslon H Rusli-KH M Fadhlan Mampu Pimpin Kabupaten Banjar

Pembinaan UMK ini merupakan bagian dari salah satu program bantuan UMK untuk pelaku usaha kecil se-Kota Banjarmasin yang telah menerima pinjaman modal bergulir tanpa bunga dan tanpa biaya administrasi dari BAZNAS Kota Banjarmasin yang berkisar mulai dari 1jt hingga 5jt rupiah.

Kepala Bagian Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS Kota Banjarmasin, Fauziah Kamila, S.Sos.I., M.Pd memaparkan tujuan dari pelaksanaan program bantuan dan pembinaan UMK ini sebagai salah satu perwujudan dari Misi BAZNAS Kota Banjarmasin, yaitu menjadikan mustahik (orang yang berhak menerima zakat) menjadi Muzakki (orang yang berkemampuan dan wajib berzakat).

“ Teknis perwujudan hal tersebut adalah dengan memotivasi dan memonitoring agar pelaku UMK senantiasa mengembangkan usahanya agar dapat memiliki penghasilan yang setara dengan nisab zakat dan mendorong agar senantiasa gemar beinfak atau bersedekah,” ujarnya di hotel Zurix Express Banjarmasin, Rabu (27/10).

Pos terkait