Piala Rektor ke-6 ULM Kembali Digelar

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, BANJARMASIN – Sebanyak 156 peserta, Ikuti Piala Rektor ke-6 ULM dalam kejuaraan catur yang digelar oleh Universitas Lambung Mangkurat (ULM) 5 hingga 6 September 2021.

Kejuaraan yang juga diikuti peserta dari Kalimantan Tengah tersebut langsung dibuka oleh Rektor ULM, Prof Dr Sutarto Hadi MSi MSc yang juga menjabat sebagai Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kalimantan SelatanĀ  (Kalsel).

Turnamen Catur Cepat Terbatas Rektor Cup ke-6 Universitas Lambung Mangkurat (ULM) tahun 2021 kembali digelar. Kegiatan ini secara resmi dibuka secara langsung oleh Rektor Universitas Lambung Mangkurat, Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc di Lecture Library Building ULM, Sabtu (25/9/2021) pagi.

BACA JUGA:  Hasnur Mohon Doa dan Restu Untuk Barito Putera Jelang Laga Derby Kalimantan

Bekerjasama dengan Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kalsel, Rektor Cup 2021 ini merupakan rangkaian dari peringatan Dies Natalis ULM yang ke 63.

Agenda ini sekaligus merupakan turnamen pertama Pasca terbentuknya kepengurusan Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kalsel, dibawah komanda Rektor ULM, Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc yang terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Percasi Kalsel.

Turnamen yang digelar selama dua hari, yakni pada tanggal 25-26 September ini terbuka untuk umum. Mengusung sistem Swiss manajer 7 babak pada fase penyisihan. Masing-masing Poll akan diambil 4 orang teratas yang kembali berjibaku di babak final dengan sistem gugur.

BACA JUGA:  KONI Tanbu Bakal Jaring Atlet Seluruh Cabor

Berdasarkan penuturan ketua panitia pelaksana yang juga merupakan ketua Harian Percasi Kalsel, HM Amin, Turnamen ini diikuti oleh 156 orang peserta, dengan rincian 153 peserta dari Kalsel dan 3 orang peserta dari kalteng.

“Babak penyisihan dibagi menjadi 4 pool. Pool A diikuti 42 peserta, poll B 42 peserta, pool C 42 peserta, dan poll D 30 peserta. Khusus untuk Poll D, pesertanya adalah pecatur Putri dan pecatur junior. Kenapa demikian, kita ingin di babak gugur ada pemain putri dan junior yang bersaing,” ujar HM Amin.

Guna menghindari kerumunan yang bisa menimbulkan klaster baru penyebaran Covid-19, pelaksanaan kegiatan ini dibagi menjadi 3 tempat. Masing-masing tempat menggunakan ruangan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dari panitia.

BACA JUGA:  Kontingen NPC Kalsel Tancap Gas Raih Medali

Sementara itu Rektor ULM, Prof Dr Sutarto Hadi MSi MSc, menyampaikan, turnamen ini digelar dalam rangka dies natalis ULM, untuk itu ia ucapkan terimakasih kepasa semua panitia sehingga turnamen ini terlaksana.

“Mudahan bisa menambah pengalaman tanding dan memotivasi atlet dan juga kita ingin menunjukkan bahwa di Kalsel catur tetap semarak,” ucapnya.

Selain itu, turnamen ini menurutnya juga sebagai ajang seleksi mencari atlet guna mengikuti turnamen berikutnya, seperti kejurnas dan lainnya.

 

Reporter :Ahmad Yani

Pos terkait