Pesona Kain Tenun Pagatan Menjadi Ciri Khas Souvernir Tanah Bumbu

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Batulicin- Salah satu Kabupaten di Kalimantan Selatan yang letaknya di wilayah pesisir pantai adalah Tanah Bumbu. Potensi menarik yang dimilikinya adalah wisata bahari nan indah serta layak untuk dikunjungi bersama keluarga untuk berlibur.

Jika anda berkunjung ke daerah ini, jangan lewatkan untuk membeli oleh-oleh berbagai produk khas seperti camilan, kerajinan dan aksesoris lainnya.

Diantaranya yang tidak boleh dilewatkan untuk mampir adalah di Jl H Muhammad Amin Pagatan. Disini banyak rumah produksi Kain Tenun dan Galeri yang menjual Kain Tenun Khas Pagatan Kalimantan Selatan.

Berbagai produk buatan berbahan dasar kain tenun, antara lain tas, tempat tisu, tas pinggang, alas dan tutup gelas, baju dan lain-lain.

BACA JUGA:  Semangat ASPPI Kalsel Bina Desa Destinasi Wisata Tiwingan Lama

Sedangkan untuk motif dan desain ditampilkan dari yang klasik hingga bermotif modern, harganya pun bervariasi sesuai kualitas dan bahan yang digunakan.

Semuanya merupakan hasil karya warga Pagatan. Disini juga kita bisa melihat secara langsung bagaimana tangan-tangan terampil menggunakan alat tenun tradisional yang terbuat dari bahan kayu.

Salah satunya adalah Galeri SALMAH yang dikelola oleh pelaku UKM Abdul Azis. Di Galerinya ini banyak menyediakan berbagai varian dan motif Kain Tenun Pagatan yang berkualitas, tentunya sangat menarik untuk dikunjungi serta sebagai pilihan untuk souvenir khas dari Pagatan Tanah Bumbu.

Kadis Perdagangan Provinsi Kalsel Drs Birhasani menyempatkan diri berkunjung dan berdialog dengan pengrajin disana, beliau ingin mengetahui apa saja yang menjadi kendala dalam menjalankan usaha tersebut, Jum’at 10 September 2021.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata Banjarmasin yang Murah

Birhasani mengatakan akan membantu promosi dalam berbagai event dan juga mencarikan akses pasar yang lebih luas, baik dalam maupun luar negeri, baik offline maupun pasar online.

“Skill mereka perlu kita tingkatkan dengan pelatihan maupun Bintek, sehingga terampil dalam mengelola usaha dan pemanfaatan teknologi informasi. Mari kita bangun sinergitas untuk membina dan mengembangkannya, baik oleh jajaran pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu maupun Pemerintah Kalimantan Selatan,”ujarnya kepada Wartaniaga.

Dia juga berharap partisipasi masyarakat untuk menghargai karya sesama warga Kalimantan Selatan dengan membeli dan menggunakan produk lokal sehingga akan membangkitkan perekonomian daerah.

“Dengan demikian kita turut membantu meningkatkan pendapatan pelaku UMKM di Kalimantan Selatan ini,”tutupnya.

BACA JUGA:  Dispora Kalsel Tutup Pemilihan Pasangan Muda Inspiratif dan Kreatif 2021

Editor : Eddy Dharmawan

L

Pos terkait