Serbuan Vaksin TNI dalam Rangka Penanganan Covid-19 di Tanah Laut

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Pelaihari – Bencana non alam yang disebabkan wabah penyakit Coronavirus Disease 2019 atau yang lebih dikenal dengan Covid-19 hingga saat ini belum juga berakhir.

Di Indonesia sendiri kasus pertamanya dilaporkan pada tanggal 2 Maret 2020, dalam waktu singkat kasus meningkat dan menyebar dengan cepat hampir diseluruh wilayah Indonesia.

Berbagai langkah kesehatan telah dilakukan untuk menanggulangi virus yang bermula dari Wuhan tersebut, mulai dari Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB ) hingga program vaksinasi Covid-19 secara nasional.

Di Kabupaten Tanah Laut sendiri kesadaran masyarakat terhadap kesehatan serta penanggulangan pencegahan penyebaran Covid-19 melalui vaksinasi patut mendapatkan apresiasi.

Banyaknya warga yang rela mengantri selama berjam-jam dibeberapa lokasi pemberian vaksinasi Covid-19 menjadi bukti bahwa masyarakat Tanah Laut tidak mudah terprovokasi oleh berita negatif dan hoax terkait vaksin Covid-19.

BACA JUGA:  Baznas Tala dan Polres Tala Bangunkan Rumah Warga Miskin

Seperti yang terlihat di Markas Komando Distrik Militer 1009/Tla, meskipun cuaca saat itu tengah hujan, ratusan warga dari berbagai penjuru Tanah Laut dengan beragam profesi tetap sabar menunggu giliran untuk mendapatkan suntikan vaksin Sinocav dari petugas kesehatan yang masih termasuk dalam rangkaian kegiatan TMMD Ke – 111.

Suparna contohnya, warga Kecamatan Bati-Bati tersebut bahkan sudah sejak pukul 7 pagi berada di Makodim 1009/Tla, hal itu dilakukannya agar bisa mendapatkan kesempatan untuk di vaksinasi, dirinya khawatir akan kehabisan nomor antrian apabila terlambat datang.
” Alhamdulilah tadi sudah di vaksin dan samapi sekarang saya baik-baik saja ” ucapnya.

Dandim 1009/Tla Letkol Inf Adi Yoga Susetyo, S.H., M.A menegaskan, pemberian vaksin secara gratis kepada masyarakat tersebut sebagai bentuk dukungan terhadap program vaksinasi nasional 1 juta vaksin perhari.

BACA JUGA:  Wabup HSS Kunjungi PDU Jambangan Surabaya

Pemberian vaksin sendiri bertujuan untuk pembentukan kekebalan komunitas atau herd immunity yang merupakan kunci utama melawan pandemi.
Namun meskipun telah mendapatkan vaksin, dirinya berpesan agar tetap menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah tertular kembali atau menulari orang lain.
” Hari ini ada 550 orang warga yang terdaftar, kemudian akan kita lanjutkan besok, karena dosis yang kita dapatkan untuk 1.170 orang ” tegasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Laut, Hj Nina Sandra mengungkapkan bahwa hingga saat ini tercatat 19.327 orang warga yang sudah menadapatkan vaksinasi, jumlah tersebut belum termasuk yang tengah dilakukan oleh pihak Kodim 1009/Tla saat ini.

Dirinya berharap program vaksinasi dari pemerintah juga menjadi sebuah gerakan, bukan hanya menjadi tanggung jawab Kementrian Kesehatan, tapi semua elemen masyarakat dapat terlibat untuk mensukseskannya.
” Tetap jaga dan terapkan protokol kesehatan dimanapun berada ” pesannya.

BACA JUGA:  Lama tak Terurus, Stadiun Garuda Muharam Ditargetkan Rampung Juli 2022

 

Reporter:Ahmad Syarif

L

Pos terkait