Baru, Ada Destinasi Ekowisata Swargaloka di HSU

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Amuntai- pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) kini memiliki obyek wisata baru yang berlokasi di desa Pulantani Kecamatan Haur Hading. Destinasi wisata ini diberi nama Ekowisata Susur Awang Rawa Gambut dan Lokasi Kerajinan atau disingkat Ekowisata Swargaloka.

Bertempat di halaman kantor kepala desa Pulantani, Ekowisata Swargaloka diresmikan Bupati HSU H. Abdul Wahid HK ditandai dengan penandatanganan prasasti peresmian Ekowisata Swargaloka Kec. Haur Gading.

Peresmian Ekowisata Swargaloka dipadukan dengan penanaman pohon dalam rangka peringatan HUT KNPI ke 48.

Prakarsa pembentukan Ekowisata Swargaloka Kec. Haur Gading, Iwan mengatakan pembentukan obyek wisata rawa ini berkat kerjasama lima kepala desa yaitu Kepala Desa Pulantani, Haur Gading, Tambak Sari Panji, Jingah Bujur, Keramat dan Teluk Haur.

BACA JUGA:  Acil-Acill Pasar Terapung Dapat Kejutan Umroh dari Wisatawan Mancanegara

Iwan berharap keberadaan Ekowisata Swargaloka Kec. Haur Gading selain sebagai destinasi wisata bernuansa rawa, diharapkan dapat melestarikan lingkungan dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat setempat dengan banyaknya kunjungan wisatawan.

” Kami juga meminta dukungan dari Pemerintah Daerah Kab. HSU dan juga SKPD serta masyarakat HSU, khususnya warga kecamatan Haur Gading agar obyek wisata ini bisa berkembang lebih baik,” ujarnya, Rabu (28/7).

Sementara itu, Bupati HSU H. Abdul Wahid HK menyampaikan rasa senangnya dan menyambut baik atas dibukanya Ekowisata Swargaloka ini.

Wahid berjanji akan memberikan dukungan agar obyek wisata ini bisa berkembang.

” Kepada SKPD dan stakeholder terkait agar bisa bekerjasama dan memberikan dukungan serta mempromosikan agar ekowisata swargaloka lebih dikenal oleh wisatawan,” pintanya.

BACA JUGA:  Ingat ! Mulai Hari ini Transaksi ATM Dikenakan Biaya, Cek Rinciannya

Dirnya juga berharap keberadaan ekowisata ini dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat HSU baik dari sisi kunjungan wisatawan ataupun peningkatkan permintaan kerajinan.

Di saat yang sama, Wahid juga mengingatkan warga agar tetap mematuhi protokol kesehatan mengingat pandemi covid 19 ini masih belum berakhir.

Usai peresmian, Bupati HSU beserta rombongan melakukan susur awang rawa ke tempat/titik Ekowisata Swargaloka.

Peresmian ekowisata ini juga dihadiri Ketua TP. PKK Kabuoaten HSU beserta jajaran, Sekretaris KNPI Provinsi Kalimantan Selatan, Ketua DPD KNPI Kab. HSU beserta jajaran, komunitas rarawa HSU dan pejabat di lingkungan pemerintah Kab HSU serta Kapolsek dan Danramil Kec. Haur Gading.

Reporter : Darma Setiawan
Editor : Nirma Hafizah

L

Pos terkait