MenkopUKM Apresiasi Kemitraan Marketplace-Bumdes untuk Digitalisasi Ekonomi Desa

  • Whatsapp
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki

Wartaniaga.com, Jakarta – Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengapresiasi kemitraan marketplace dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Jawa Barat. Meelalui program digitalisasi ini para  pelaku UMKM dapat berkontribusi meningkatkan ekonomi desa.

Mengutip rilis dari KemenkopUKM,  Teten Masduki mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan teknologi digital terjadi sangat masif dan berimbas ke seluruh sektor, termasuk UMKM.

“Kita melihat sejumlah terobosan dilakukan salah satu perusahaan berbasis digital yang dapat menunjang performa UMKM tersebut adalah para penyelenggara lokapasar digital. Salah satunya Shopee,” kata Teten saat memberikan sambutan secara virtual pada acara Peresmian Shopee Center-UMKM Jabar Go Digital yang diselenggarakan oleh Shopee, Rabu (2/6/2021).

BACA JUGA:  Harga Minyak Dunia Merosot 5 Persen Usai Stimulus Ekonomi AS

Ia mengacu pada hasil survei World Bank 2021 yang menunjukkan bahwa sebanyak 48,5% responden bermatapencaharian wiraswasta dan 74,1% mengandalkan e-commerce sebagai pendapatan utama.

“Kita perlu terus dorong reseller untuk mendukung UMKM produsen dalam pemasaran digital, sembari diperbanyak UMKM produsen,” katanya.

Pengalaman serta data yang dimiliki Shopee, lanjut Teten, akan sangat membantu meningkatkan pembinaan UMKM di Jawa Barat yang dilakukan pemerintah.

“Pandemi juga telah mengubah perilaku masyarakat dalam bertransaksi dalam e- commerce. Perkembangan pemasaran produk UMKM saat ini diakselerasi oleh digitalisasi,” ujarnya.

L

Pos terkait