Kemenkop UKM Targetkan 30 juta UMKM Masuk Ekosistem Digital

  • Whatsapp
Foto : Antara

Wartaniaga.com, Jakarta –  Staf Ahli Menteri Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), Fiki Satari  menyebutkan pemerintah menargetkan sebanyak 30 juta UMKM untuk masuk ke dalam ekosistem digital pada tahun 2024 untuk memacu pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terdampak pandemi Covid-19.

Hal ini diungkapkannya saat acara Webinar Nasional dengan tema “Pers Mendorong Perbankan Mempercepat Sektor Digitalisasi UMKM dan System Pembayaran 2025 ” di Sekertariat PWI Pusat,Gedung Dewan Pers, Kebon Sirih Jakarta, Rabu (2/6).

Menurutnya  saat ini sebanyak 12,5 juta UMKM atau setara 19 persen dari total pelaku UMKM sudah masuk ke dalam ekosistem digital,sehingga bisa memenuhi target pada tahun 2024 diperlukan 17,5 juta UMKM yang harus didorong untuk masuk ke dalam ekosistem digital dalam tiga tahun ke depan.

BACA JUGA:  Harga Emas Atam Meroket, Ini Daftar Harganya

Fiki  juga mengatakan ada empat hal fundamental yang harus ditingkatkan oleh pelaku UMKM agar bisa memasukkan produknya ke dalam ekosistem digital, yaitu literasi digital, kapasitas produksi, kualitas produk, serta akses pasar.

“Yang pertama literasi digital itu sendiri. Data survei saat ini menunjukkan hanpir 75 persen permasalahan dalam keberlanjutan UMKM masuk e-commerce adalah kesiapan UMKM itu sendiri, terkait karakteristik dan budaya penjual, misalnya pedagang sulit dikontak,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI Pusat) Atal S Depari menilai Tanpa inovasi dan tranformasi bisnis, UMKM akan kesulitan untuk pulih dari krisis ditengah pandemi. Apalagi di ekosistem digital saat ini,banyak sekali perubahan yang berlangsung begitu cepat terutama dari trend produk terbaru.

L

Pos terkait