Jeli Lihat Peluang Saat Pandemi, Guru Honorer Raup Jutaan Rupiah Perbulan

  • Whatsapp
L

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Ikan Cupang merupakan salah satu jenis ikan hias yang cukup populer di Indonesia. Warna dan coraknya yang indah membuat banyak orang kepincut untuk memelihara ikan yang satu ini.

Mengingat animo masyarakat yang tinggi, membuka usaha budidaya ikan cupang di rumah adalah ide bisnis menjanjikan saat ini.

Demikian halnya dengan Akhmad Zikri Suhairi (26), yang menangkap peluang itu. Ia membudidayakan ikan hias di rumahnya, di jalan Jahri Saleh, Komplek Pandan Arum Permai, Banjarmasin Utara.

Bermula dari pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Work From Home (WFH) beberapa bulan lalu, Zikri yang notabene seorang guru honorer ini pun harus lebih banyak bekerja dari rumah.

BACA JUGA:  Rahasia Merintis Bisnis Rumahan

Itu pun tak setiap hari. Hanya pada akhir pekan saja ia memberikan materi seni dan budaya kepada siswanya melalui sistem daring.

“Tak ada proses belajar mengajar di sekolah, jadi banyak berdiam di rumah. Kondisi ini mengharuskan saya untuk memutar otak, agar tetap produktif di tengah pandemi,” tutur Zikri, ketika ditemui di rumahnya, Selasa (15/6).

Dia menceritakan, usaha ikan hias yang digelutinya saat ini tanpa direncanakan samasekali. Awalnya, Zikri hanya memelihara ikan-ikan hias miliknya di teras rumah. Sejumlah warga yang melintas acap kali bertanya, mengira ikan-ikan itu untuk dijual.

“Dari situ saya baru kepikiran, kenapa kesempatan ini tidak saya jadikan peluang usaha saja,” ujarnya.

BACA JUGA:  Pengobatan Herbal di Banjarmasin Kalah Bersaing dengan Pengobatan Kimia

Hingga kini, ada beberapa jenis ikan hias yang ia jual, seperti ikan Cupang, Platy, Molly, Guppy, Komet dan Koi. Omzetnya pun hingga jutaan rupiah per bulan.

L

L

Pos terkait