Ingin Sukses Seperti Orang Jepang ? Contoh 4 Prinsip Kerja Mereka

  • Whatsapp
Ilustrasi
L

Wartaniaga.com, Banjarmasin-Sebagai salah satu negara maju dari Benua Asia, bangsa Jepang dikenal sebagai bangsa yang memiliki tingkat kedisiplinan serta produktivitas kerja yang tinggi.

Etos kerja orang jepang  ini telah ditanamkan dan diturunkan dari generasi ke generasi melalui sistem pendidikan yang diterapkan dalam dunia kerja, bahkan dalam kehidupan sehari.

Lalu apa yang membuat bangsa Jepang, yang juga terkenal dengan karakteristiknya sebagai workaholic alias gila kerja tersebut, memiliki etos kerja yang luar biasa? Ternyata ada beberapa prinsip dasar yang mengakar pada budaya mereka yang tentu bisa kita contoh dan terapkan jika ingin memiliki etos kerja seperti orang Jepang.

Beberapa prinsip kerja  orang Jepang yang mengakar dari budaya mereka dirangkum dari  MNC Portal Indonesia berikut ini kami ulas untuk anda :

  1. Prinsip Hou-Ren-Sou
BACA JUGA:  Dongkrak Pelancong, Taman Bekantan Dihias Nuansa Kearifan Lokal

Hou-Ren-Sou atau dibaca Horenso adalah budaya kerja bangsa Jepang dalam berkomunikasi dan berdiskusi. Adapun prinsip Horenso ini merupakan singkatan dari tiga konsep yaitu Houkoku yang berarti melaporkan, Renraku yang bermakna menginformasikan, dan Soudan yang berarti konsultasi atau pra-konsultasi.

Houkoku : Dalam budaya kerja orang Jepang, karyawan harus selalu melaporkan hasil kerjanya kepada atasan. Karena dengan melaporkan itulah seorang atasan akan dapat memberikan masukan berupa kritik dana tau saran kepada bawahannya, sehingga bawahan nantinya dapat menyelesaikan tugas seperti yang diharapkan.

Seorang atasan juga menilai proses dan hasil pekerjaan yang telah diberikan kepada bawahann melalui Houkoku. Setiap bawahan yang sedang bertugas harus mampu memberikan laporan setiap perkembangan aktivitas kerjanya yang dibuat berdasarkan data-data yang akurat dan jelas.

BACA JUGA:  HSU Akan Kembang Ekowisata Hutan Rawa

Renraku : Merupakan konsep yang berarti menginformasikan.Menginformasikan disini adalah masing-masing pihak, baik atasan maupun bawahan, benar-benar menyampaikan fakta dan informasi yang ada terutama masalah-masalah yang berhubungan dengan pekerjaan.

Dengan adanya keterbukaan informasi dan komunikasi yang terjalin, diharapkan proses pekerjaan dapat berjalan lebih mudah karena bersifat kolaboratif.

Soudan : Konsep Soudan artinya mengkonsultasikan, yaitu proses konsultasi atau diskusi antara atasan dan bawahan.

Dalam dunia kerja, ada kalanya kondisi di lapangan jauh berbeda dengan kondisi yang diperkirakan.Pada saat itulah diperlukan proses Soudan, dimana karyawan dalam hal ini terutama bawahan akan bisa menerima pendapat, masukan, petunjuk dan saran dari atasan terkait proses penyelesaian masalah yang sedang dihadapi ataupun dalam sebuah proses pengambilan keputusan.

L

L

Pos terkait