Selain Jalan-jalan, Ini 5 Tips Liburan Akhir Tahun yang Patut Dicoba

  • Whatsapp
Selain Jalan-jalan, Ini 5 Tips Liburan Akhir Tahun yang Patut Dicoba
L

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Liburan tahun baru identik dengan travelling atau rekreasi baik bersama keluarga, karib kerabat, maupun sahabat, namun bagaimana jadinya jika pada moment tersebut kita harus dihadapkan dengan berbagai kesibukan.

Menanggapi hal tersebut, Ahli Psikolog Banjarmasin, Munawaratul Fi’liyah mengatakan menikmati liburan tahun baru tidak mesti harus dihabiskan diluar rumah, Apalagi liburan panjang seperti ini kerap dihadapkan dengan kondisi macetnya jalanan karena terbentur dengan banyak orang yang berlibur diluar rumah.

“Jadi, untuk bisa merencanakan liburan bisa saja di dalam rumah, asalkan punya ide kegiatan yang unik dan menarik tentunya untuk membuatmu betah liburan dirumah, dan tidak harus pergi keluar,”ucapnya kepada wartawan wartaniaga.com, Sabtu (28/12).

5 Tips Liburan Akhir Tahun yang Patut Dicoba

Wanita sarjana lulusan Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin ini membeberkan beberapa aktivitas yang bisa dilakukan dengan menikmati libur akhir tahun dengan beraktivitas di rumah seperti memasak masakan yang beda dari biasanya, seperti bereksperimen sesuatu yang baru.

BACA JUGA:  Kembangkan Budaya dan Pariwisata, Disbudpar Kucurkan Milyaran Rupiah

“Dirumah banyak ditemui kegiatan yang sering tidak kita ketahui itu seru untuk dilakukan, seperti memasak, berkumpul dengan keluarga, dan menemukan inspirasi baru juga,”terangnya.

Wanita yang akrab disapa Wara ini memberikan tips liburan dirumah dengan menghabiskan waktu dengan penuh keseruan. mari kita simak tipsnya apa saja.

1. Memasak masakan yang beda dari biasanya. Untuk kamu yang senang memasak atau yang lagi pengen coba memasak, kegiatan ini mampu mengasah kemampuan memasakmu. Caranya gampang banget untuk masak dirumah, bikin sekreasi mungkin yang belum pernah kamu coba, atau yang pernah kamu coba masak tinggal inovasi aja masakannya. yang memasaknya bersama keluarga, kerabat, atau sahabat lebih seru lagi mampu mempererat tali kekeluargaan dan kekompakkan diantara orang-orang yang berpartisipasi dikegiatan ini.

2. Curhat-curhatan dan santai bareng teman. Ajak teman-temanmu atau saudaramu untuk ngumpul dirumah maupun diruangan santai untuk ngobrol seru ditemani dengan teh manis atau cemilan. Kalian bisa menghabiskan waktu dengan curhat, bermain game, pastinya semakin hangat suasananya serta menambah keakraban dari satu dengan yang lainnya, serta mempererat pertemanan kalian.

BACA JUGA:  Pemkab Batola Kembangkan Rute Wisata Susur Sungai

3. Bersih-bersih dan mengatur ulang dekorasi rumah. Termasuk mengganti atau mengubah dekor rumahmu, dengan mengganti warna cat dinding, membersihkan pernak pernik dirumah, menata ulang tata letak perabotan rumah. Tentunya agar lebih nyaman ditempati dan tidak bosan setelah sekian lama dengan penataan yang itu-itu saja. Maka hunian akan tampak segar dan baru. Kamu dan keluarga juga jadi lebih kerasan tinggal di dalamnya.

4. Membaca Buku, Dengan membaca buku bisa mengembangkan imajinasi dan berasa seakan sedang bepergian ke tempat dimana cerita dalam buku tersebut berada. Membaca ini bisa jadi kegiatan produktif dan tak terasa waktu berlalu dengan cepatnya.

Buku yang merupakan jendela dunia yang kaya akan manfaat mampu menambah pengetahuan dan mengasah kemampuan imajinasi kamu.

Kamu yang suka membaca dan punya setumpuk buku baru, kamu bisa menggunakan liburan kamu dengan membaca buku selama liburan dengan menjadwalkan quality time dengan dirimu sendiri. Ini pasti asyik banget, karena kamu bisa bersantai seharian sambil membaca buku favoritmu dan juga menambah pengetahuanmu semakin tajam.

BACA JUGA:  Mengenal Pulau Curiak, Habitat Undang, Bawal Hingga Bekantan

5. Membuat kerajinan tangan, kamu bisa membuat aneka kerajinan tangan dengan memanfaatkan barang bekas disekitar rumahmu seperti, botol bekas, kardus bekas, stik es krim. Tak perlu bahan baru kamu bisa menggunakan bahan lama untuk diolah kembali menjadi barang baru.

Membuat kerajinan tangan selama liburan bisa mengasah imajinasi dan juga kreativitas yang menciptakan sesuatu yang unik misalnya, stik es krim yang diolah menjadi tempat pensil ataupun bingkai foto.

Kerajinan tangan tersebut dibuat dengan memanfaatkan barang bekas, hitung-hitung kamu sekaligus menjaga lingkungan dari sampah yang bisa dimanfaatkan kembali.

“Itu lah tadi 5 tips yang bisa saya berikan untuk yang bingung liburan kemana, dan kantong kosong. Mending dirumah aja menghabiskan waktu dengan mengisi hal hal yang bermanfaat,”tuturnya.

Reporter : Aya
Editor : Muhammad Zahidi
Foto : Aya

L

Pos terkait