Kolaborasi Organisasi Sosial Tabalong Bangunkan Rumah untuk ODGJ

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Tanjung- Wahyu (23) penderita Orang dalam gangguan Kejiwaan (ODGJ) kini memiliki kediaman di dekat keluarganya sendiri. Kolaborasi organisasi sosial dan pemerintah setempat membuatkan tempat tinggal khusus dan menyerahkannya ke pihak keluarga agar Wahyu dapat dirawat dan mendapat perhatian lebih dari orang-orang terdekatnya.

Penyerahan rumah tinggal Wahyu dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial Tabalong, H Abu Bakar Sidik beserta Lurah Mabuun, Rizki Kurniadi, Kepala Puskes Mabuun dr Tenry Ariny, Dinas Kesehatan Tabalong, dr Helda serta Ketua Yayasan Sayangi Sesama, Erlina Effendi Ilas, Jumat (21/5) lalu.

Rumah kediaman Wahyu dibangun atas kolaborasi apik berbagai organisasi sosial seperti Yayasan Sayangi Sesama, Komunitas Sayangi Sesama (KS2), Lazismu, Takmir Manis Al Mukhlisin, Yayasan Insan Mulia Pama, Toko Bangunan Yoes Mabuun dengan pihak Dinas Sosial Tabalong, Puskesma Mabuun, Kelurahan Mabuun dan Pemeringahan Kecamatan Murung Pudak.

BACA JUGA:  Polres HSU dan Polsek Jajaran Beri Rasa Aman Warga Saat Sembahyang Tarawih Dengan Melaksanakan Patroli

Menurut Ketua Yayasan Sayangi Sesama, Erlina Effendi Ilas, tempat tinggal Wahyu dibuatkan di atas tanah milik orang tuanya sendiri yang berada beberapa meter dari rumah orang tuanya. Hal ini untuk memudahkan perawatan dan perhatian pihak keluarga kepada penderita ODGJ. Bagaimanapun, penderita ODGJ harus memiliki akses perhatian yang lebih baik dari keluarga.

“Peran keluarga sangat penting buat stabilitas penderita gangguan kejiwaan. Perhatian dan kasih sayang perlahan lahan akan memperbaiki goncangan mental penderita, selain juga dibantu obat-obatan,” kelas Erlina Effendi Ilas.

Sementara pihak Dinas Kesehatan Tabalong yang diwakili dr Helda mengatakan peran serta pihak non pemerintah juga sangat berarti dalam penanganan masalah kesehatan mental masyarakat. Puskesmas Mabuun juga memberikan perhatian khusus dalam penyediaan pelayanan pihak keluarga mendapatkan obat untuk ODGJ.

Pos terkait