Ini Makna Motif Kain Sasirangan HUT Kabupaten HSU ke-69

“Suatu kehormatan bagi kami, dimana desain motif yang buat digunakan untuk seragam resmi HUT HSU ke 69,” katanya.

Ia mengatakan hal tersebut wujud nyata pemerintah dalam mendorong perekonomian daerah melalui kerajinan masyarakat.

Mengenai penggunaan motif Nyiur Di Pulau Sambujur dan Anyaman Purun, pemilik UKM yang berhasil menjadi juara 1 dalam ajang pencarian Duta Ekowisata Nasional Tahun 2020 yang berlangsung di Denpasar Bali ini mengaku terinspirasi dari motif Pohon nyiur (Kelapa) yang ada di Pulau Sambujur Kecamatan Paminggir serta kerajinan dari Anyaman Purun.

“Motif ini didesain khusus sebagai wujud kepedulian masyarakat dan Pemkab HSU terhadap lingkungan hidup,” bebernya.

Ia menjelaskan, untuk folosofi pohon nyiur dimana pohon nyiur ini banyak manfaat dari akar, batang, daun hingga buah, dengan peringatan hari jadi HSU yang ke-69 ini diharapkan mampu memberi manfaat dari berbagai aspek tidak cuma untuk dirinya namun untuk orang lain dan daerah.

Sedangkan untuk makna anyaman purun ini adalah bentuk kebanggan kita terhadap kerajinan purun yang melanglang buana hingga kancah internasional,” kata Fuad.

Adapun pemilihan warna yang berasal dari berbagai bahan pewarna alami ini, untuk warna kuning merupakan warna khas adat suku Banjar, warna hijau yang melambangkan kesuburan yang diharapkan setelah pandemi covid-19 HSU bisa bangkit kembali, warna hitam yang menggambarkan air rawa yang memiliki makna letak geografis HSU yang didominasi rawa.

 

Editor: Aditya

Pos terkait

banner 468x60