Ini Makna Motif Kain Sasirangan HUT Kabupaten HSU ke-69

  • Whatsapp
L

Wartaniaga.com, Amuntai -Peringatan Hari Jadi Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) ke-69 yang bertepatan pada 1 Mei 2021, gunakan pakaian Sasirangan motif “Nyiur di Pulau Sambujur dan Anyaman Purun”.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) HSU Hj. Anisah Rasyidah Wahid menjelaskan, setiap memperingati Hari jadi Kabupaten HSU menggunakan kain sasirangan dengan desain motif berbeda.

Adapun motif sasirangan dalam pelaksanaan hari jadi HSU adalah sasirangan Nyiur di Pulau Sambujur dan Anyaman Purun.

“Motif tersebut hasil karya Usaha Kecil Menengah (UKM) ECOmel Sasirangan, Desa Telaga Sari,” ucapnya, Rabu (5/5).

Dirinya bersyukur pada peringatan hari jadi HSU yang ke-69 dapat memakai seragam sasirangan karya anak daerah atau pengrajin yang ada di HSU.

BACA JUGA:  Warga Desa Karang Taruna Gelar Upacara 17 an

Adapun tujuan digunakannya sasirangan itu agar mempunyai pengrajin yang handal, serta agar meningkatkan perekonomian dan memberdayakan masyarakat disekitar HSU.

Dengan menggunakan produk pengrajin daerah, sekaligus menyemangati para pelaku UKM untuk mengembangkan usaha dan kreativitas.

Lanjut, sebagai bentuk apresiasi terhadap hasil karya mereka, mempromosikan produk sasirangan HSU dengan kreasi motif barunya, dan sudah seharusnya kita bangga akan produk kerajinan yang dimiliki.

Dirinya berharap, kedepannya hasil karya asli anak daerah bisa selalu bekerja sama dan menghasilkan produk kerajinan yang berkualitas dan bermutu, serta masyarakat harus bangga dan mengapresiasinya dalam bentuk membeli produk atau kerajinan asli buatan HSU.

Sementara itu pemilik UKM ECOmel Sasirangan, Zainal Fuad menyatakan bersyukur atas dipilihnya produk karya UKM miliknya.

L

Pos terkait