JAGA Melalui PMI Tala Kucurkan DanaRp 400 JutaBantu Warga Buat Jembatan

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Pelaihari – Sekitar 20 tahun lebih Jembatan Desa Panjaratan yang berada di RT 2 Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut membantu warga untuk menyeberang sungai menuju rumah dan ladang.

Selama itu pula terjangan air dan gigitan ulat sungai perlahan tapi pasti terus menggerogoti beberapa tiang penyangga jembatan yang akhirnya membuat jembatan tersebut mulai kehilangan kekuatannya.


Bencana banjir besar yang terjadi beberapa waktu yang lalu akhirnya benar-benar membuat jembatan tersebut nyaris tumbang, beberapa tiang penyangga yang sudah lapuk akhirnya patah dan membuat jembatan menjadi miring.

Kondisi tersebut tentu saja sangat berbahaya bagi warga yang melintasinya, berbagai upaya pun dilakukan oleh semua pihak untuk perbaikan dan pembangunan jembatan tersebut.

BACA JUGA:  Kumpulkan 10 Ribu KTP, Relawan Jadi Akan Sukseskan HM Riza Jihadi Pada Pilbup Balangan 2020

Melalui PMI Tanah Laut, Jakarta Ambassador Golfers Association ( JAGA ) yang selalu rutin memberikan bantuan sosial kepada masyarakat akhirnya mengucurkan dana sebesar 400 juta rupiah untuk pembangunan jembatan yang peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Bupati Tanah Laut H Sukamta bersama Direktur Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri Yusron, Ketua PMI Tanah Laut H Syahrian Nurdin dan Perwakilan dari PMI Kalimantan Selatan. ( 1/4 )

Mewakili masyarakat Tanah Laut, Sukamta mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada JAGA dan PMI yang membantu dalam pembangunan jembatan yang menjadi akses tercepat dan terdekat bagi warga untuk menuju ladang.

” Apalagi saat memasuki panen, jembatan ini sangat penting sekali, karena merupakan akses terdekat dan tercepat untuk mengangkut hasil panen mereka ” ucapnya.

BACA JUGA:  Disnakertrans dan BLK Masuk Desa Sasar Warga Pedalaman

Sukamta menuturkan dalam membangun sebuah insfratruktur di suatu daerah tidak selalu harus melalui dana dari pemerintah, komunikasi, koordinasi dan hubungan yang baik dengan berbagai pihak juga bisa menjadi salah satu cara, hal tersebut bisa terlihat dengan pembangunan Jembatan Desa Panjaratan yang didanai oleh pihak JAGA.

” Saya minta ijin kepada warga Desa Panjaratan, nanti kayu sisa dari jembatan yang di bongkar akan saya minta untuk membuat jembatan darurat bagi warga di Desa Banyu Hirang, insya Allah akan sangat bermanfaat dan insya Allah menjadi berkah bagi semua ” tuturnya.

Dalam proses pembangunan dan pengerjaan jembatan yang akan di beri nama Jembatan Diplomasi tersebut, Ketua PMI Tanah Laut H Syahrian Nurdin mengharapkan bantuan dan dukungan dari semua pihak agar bisa segera secepatnya selesai.

BACA JUGA:  DHC 45 Bersama Mahasiswa dan HR Rescue Malutu Gelorakan Terus Semangat dan Nilai Juang 45

Dirinya juga berharap agar jembatan tersebut nantinya bisa diresmikan langsung oleh pihak Kementrian Luar Negeri.

” Suatu kehormatan bagi kami warga Tanah Laut khususnya warga Panjaratan apabila nantinya jembatan ini bisa diresmikan langsung oleh pihak Kementerian Luar Negeri ” harapnya.

Penulis : Tony Widodo

L

Pos terkait