Sejalan dengan Jokowi, ACM Targetkan 1 Juta UMKM Transformasi Digital

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Jakarta – Di Microsoft Developer Conference 2021 bertajuk “Accelerating Indonesia’s Digital Economy”, Presiden RI Joko Widodo mengatakan transformasi digital adalah pintu masuk agar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bisa masuk dalam marketplace digital.

Karenanya dia menekankan transformasi digital harus menyentuh jutaan UMKM di Indonesia.

Selain memperbanyak program pelatihan penggunaan teknologi digital, seperti pelatihan daring yang dilakukan pemerintah melalui program Kartu Prakerja. Jokowi juga mengajak peran aktif komunitas digital dalam mempercepat transformasi digital.

Seperti membangun investasi pembangunan pusat data, percepatan program literasi digital, dan pengembangan talenta digital secara masif. Sebab transformasi digital, kata Jokowi, juga merupakan kunci untuk bertahan di masa pandemi Covid-19.

BACA JUGA:  Prof Trubus Sebut 5 Kebijakan Pemerintah Merugikan Masyarakat

Transformasi digital yang disampaikan Jokowi tersebut sejalan dengan program UMKM Aku Cinta Memiles (ACM). Di mana UMKM tidak hanya mendapatkan bantuan promosi, tapi juga bantuan penjualan, pendampingan usaha, dan bantuan modal usaha.

Executive Board UMKM Memiles Alisya Fianne Janne Sanger mengatakan, transformasi digital berarti membuka lapangan pekerjaan, memberikan tambahan penghasilan, serta membawa perubahan secara sosial dan ekonomi.

Pos terkait