PAD Pajak Bermotor Turun, Dewan Kalsel Ingatkan Bakeuda Kalsel

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan ( Kalsel) beri perhatian lebih kepada Badan Keuangan Daerah Provinsi Kalsel bersama instansi terkait, mengingat dalam kurun waktu beberapa tahun Pendapatan Asli Daerah (PAD) mengalami penurunan.

Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kalsel, Imam Suprastowo, mengatakan dalam beberapa tahun belakangan, PAD melalui pajak kendaraan bermotor dan transport daerah mengalami penurunan.

“Kita mencari solusi paling mudah dan paling murah untuk masyarakat, dalam melakukan pembayaran pajak bermotor,” ucapnya, Rabu (13/1).

Dirinya menilai, selama ini dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor masyarakat mengalami kesulitan dalam melakukan hal tersebut.

Lanjutnya, Ia menyarankan kepada Bakeuda Kalsel untuk melakukan pendekatan dengan pihak terkait, karena masih ada UPTD yang mampu melakukannya.

BACA JUGA:  Polres HSU Terima Tim Wasrik Polda Kalsel

Selain itu, Ia berharap pihak terkait untuk dapat menjangkau daerah pelosok, mengingat masih ada masyarakat yang memerlukan fasilitas guna membayar pajak kendaraan bermotor.

Perlu diketahui, dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor hal dinilai sulit terdapat pada pengesahan, sedangkan pembayaran pajak mudah, bahkan bisa melalui smartphone. Hal ini berlangsung pada tahun 2019, sedangkan pada tahun sebelumnya dinilai menilai mudah.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Badan Keuangan Daerah Kalsel, Agus Dyan Nur, mengatakan pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor terdapat 3 instansi yang menangani.

“Kan ada produser yang harus dilakukan, makanya kita cari titik permasalahan,” ucapnya.

Lanjutnya, yang namanya pelayanan tergantung manusia, sedangkan sistem dan SOP sudah ada, tinggal menjalankannya saja. ” Kita tinggal jalankan SOP nya saja,” katanya.

BACA JUGA:  Paman Birin Dorong Perekonomian Bangkit di Tengah Covid-19

Editor : Aditya

Pos terkait