Menjaga Adat dan Melestarikan Budaya Atur Dahar

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin-Salah satu ritual adat keturunan kesultanan Kutai Kartanegara adalah Atur Dahar. Acara ini adalah merupakan ucapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rezki dan hajat atau mendapat jabatan dalam pekerjaannya.

Demi menjaga dan melestarikan adat itu, salah satu kerabat keturunan Sultan Kutai Kartanegara, Sri Agustin menggelar acara Ataur Dahar dikediamannya di Banua Anyar Banjarmasin.

Menempati rumah warisan Datu Amin seorang tokoh masyarakat dan ulama termashur di Banjarmasin, dirinya mengajak seluruh keluarga besar, handai taulan dan warga sekitar.

Menyajikan 41 jenis kue dan jajanan, acara ini menghadirkan tokoh masyarakat dan ulama untuk bersama-sama berdo’a serta menikmati hidangan yang telah tersedia.

BACA JUGA:  Lama Mati Suri, Hari ini Pasar Terapung Kuin Alalak Bangkit Kembali

“Acara Atur Dahar ini dilaksanakan setiap tahun sekali, merupakan ucapan rasa syukur atas rezki yang diberikan Allah SWT, sebagai ungkapan rasa syukur itu kita sediakan 41 makanan untuk dinikmati bersama-sama,” ujar Sri Agustin, Minggu (20/12) lalu.

Sri yang merupakan keturunan ke-3 kesultanan Kutai Kartanegara ini juga mengatakan, di rumah peninggalan datu Amin tersebut banyak peninggalan sejarah banjar seperti peninggalan Pangeran Suriansyah, Panglima Wangkang yaitu berupa kayu-kayu dan juga ornamen rumah yang masih berukir jaman dahulu.

Dan dalam menjaga dan melestarikan adat dan budaya Sri Agustin tetap mempertahankan bentuk rumah dengan berbagai ukiran dan ornament yang masih menggunakan kayu ulin.

Melalaui Atur Dahar ini, ia menjaga dan melestarikan budaya leluhur dari kesultanan Kutai Kartanegara.

BACA JUGA:  Program BISA dari Kemenparekraf untuk Gerakkan Lagi Wisata Tala

“ Kita berdo’a bersama—sama semoga Allah SWT memberikan keselamatan, kesehatan rezki dan berkah dalam hidup ini, siapapun yang hadir Insha Allah akan diberkahi oleh Allah SWT,” pungkas Agustin.

Reporter : Edy Dharmawan
Editor : Didin Ariyadi

Pos terkait