Gelombang Tinggi dan Air Pasang Rusak 17 Rumah Warga Muara Asam-asam

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Pelaihari – sedikitnya 17 rumah warga di pesisir Pantai Muara Asam-asam mengalami kerusakan akibat dihantam gelombang tinggi beberapa pekan yang lalu. ( 24/20 )

Salah satu rumah yang mengalami kerusakan cukup parah adalah milik nenek Satina, akibat hantaman gelombang dan air pasang yang cukup tinggi sebagian dinding rumah nenek satinah yang tepat berada di bibir pantai hanyut tersapu gelombang, bahkan hampir separuh rumahnya terbenam oleh pasir pantai, akibatnya nenek Satina terpaksa harus mengungsi ketempat yang lebih aman.
” Kemarin rumah saya sampai tidak terlihat lagi, makanya saya lebih baik mengungsi, dari pada saya mati ” tuturnya.

Pasca musibah tersebut, Palang Merah Indonesia Tanah Laut bersama salah satu perusahaan tambang menyambangi warga di Muara Asam-asam untuk menyalurkan bantuan.
Sebanyak 17 paket bantuan yang berisi 14 item peralatan keperluan sehari-hari seperti alat kelengkapan mandi sabun cuci tangan dan selimut diserahkan oleh palang merah indonesia Kabupaten Tanah Laut.

BACA JUGA:  Moment Tahun Baru Islam, Partai Golkar HSU Gelar Silaturrahmi

Sementara itu puluhan paket sembako yang berisi gula pasir, minyak goreng, teh dan kopi di serahkan oleh perwakilan perusahaan tambang kepada warga.

Ketua PMI Tanah Laut Sahrian Nurdin menuturkan Pesisir Muara Asam-asam memang cukup rawan, air pasang dan gelombang besar mengakibatkan abrasi yang cukup parah, meskipun di bibir pantai telah dipasang pemecah ombak.
” Siring pemecah ombak sepertinya sudah tidak mampu menahan terjangan ombak, untuk itu kami akan mengusulkan relokasi rumah warga ketempat yang lebih aman ” jelasnya.

Yuliani, anggota Komisi III DPRD Tanah Laut menambahkan ada sekitar 150 rumah dari mulai RT 2 sampai RT 7 yang rawan terkena terjangan ombak, karena itulah perlu kita relokasi ke tempat yang lebih aman.
” Ada sekitar 2 hektar lahan di RT 1 yang kita siapkan untuk pembangunan perumahan nelayan ” ucapnya.

BACA JUGA:  Wabup Tala Abdi Rahman Sambangi Warga Sungai Rasau

Penulis : Tony Widodo

Pos terkait