Onthel Kalsel Tetap Eksis Dintengah Kemajuan Jaman

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Banjarmasin- Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KSTI) Kalimantan Selatan (Kalsel) rupanya cukup berhasil dalam melestarikan sepeda tua yang biasa disebut onthel.

Hal ini dibuktikan dengan semakin kokohnya komunitas ini dalam menjalin silaturrahmi antar pecinta sepeda tua di Bumi Lambung Mangkurat.

Ketua KSTI Kalsel, Ari Ahyadi mengatakan bahwa sampai sejauh ini setidaknya anggota KSTI se Kalsel sudah mencaoai 300 orang lebih.

Hal itu belum termasuk klub-klub dibawah binaan mereka yang juga mencintai sepeda antik di banua ini.

“Anggota kita hampir tersebar di setiap kabupaten dan kota di Kalsel, dan jumlahnya cukup banyak bisa mencapai ratusan lebih,” jelasnya.

Dibentuk sejak 2009 dengan salah satu kegiatannya yakni montel juang. Hal tersebut dilakukan dalam upaya melestarikan budaya sepeda tua dan semangat silaturahmi.

BACA JUGA:  Sungai Biuku Menjadi Pilihan Objek Wisata Khas Budaya Banjar

Bukan hanya itu, kecintan terhadap sepeda antik ini juga dimaknai dengan cinta lingkungan dan selain cara untuk memperingati Hari Pahlawan, komunutas ini juga sering mengikuti sepeda nasional yang juga sering digelar.

“Untuk itu kita berterimakasih atas dukungan terhadap sepeda tua, yang bisa aksis hingga saat ini,” ucapnya.

Sementara, ketua Perkumpulan Pecinta Sepeda Antik Banjarmasin (Saban), Djumari mengatakan bahwa untuk klub ini, di Banjarmasin sudah banyak yang menggemari.

“Dan kita setiap ada kegiatan seperti Hari Pahlawan selalu ikut serta, dengan semangat juang bahwa pecinta sepeda onthel selalu nengajarkan bagaimana menghargai jasa-jasa para pahlawan,” katanya.

Penulis : Ahmad Yani

Pos terkait