Bukan Janji, Program ‘Baiman’ Ibnu-Arifin Sudah Terbukti Untuk Kesejahteraan ASN

  • Whatsapp

Dirinya pun tak menampik keraguan datang dari ASN pemko sendiri, mereka berasumsi apakah mungkin seorang Wali Kota Ibnu Sina berani menerapkan tunjangan kinerja, menghapuskan honararium kemudian menghimpun seluruh pendapatan tersebut dan dikembalikan kepada ASN dalam bentuk Tukin. Namun Ibnu telah memastikan dan membuktikan program ini dapat berjalan.

“Disitu kita akan fair yang bekerja lebih banyak mendapatkan hasil yang lebih banyak juga. Sehingga standar pendapatan ASN Kota Banjarmasin lebih tinggi dibanding yang lain,” jelas dia.

Lebih lanjut Ibnu menjelaskan, dengan adanya tunjangan kinerja ini tingkat kesejahteraan ASN di pemko Banjarmasin relatif lebih dibanding daerah yang lain. Saat ini saja kata ia sekian banyak ASN dari daerah lain bahkan di luar Kalimantan, diluar Kota Banjarmasin yang ingin pindah ke Banjarmasin. Alasannya karena sudah berada di kota pendapatan tukin yang diterima juga lebih besar.

BACA JUGA:  Usai Gowes, Rombongan Dishut Tanam Pohon di Hutan Lindung Liang Anggang

Sebagai bayangan lanjutnya, pejabat Eselon II, Kepala Dinas mendapatkan tukin kurang lebih Rp25 juta setiap bulannya. Sedangkan tukin untuk Sekda Kota Banjarmasin Rp54 juta, angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan pendapatan Sekda Provinsi Kalsel sekalipun.

“Kesejahteraan ASN itu meningkat diharapkan mereka dapat melayani warga dengan sepenuh hati. Rajin melayani, cepat, murah dan tidak menyulitkan,”tandasnya.

Tiga prinsip dalam pelayanan publik yang selalu disampaikan Ibnu secara resmi dan berulang-ulang sejak awal menjabat. Pertama, jika bisa dipermudah kenapa harus dipersulit. Kedua, jika bisa dipercepat kenapa harus diperlambat. Ketiga, jika bisa selesai hari ini kenapa harus menunda sampai besok.

“Tiga prinsip ini ulun (saya) ingatkan terus dan diminta dipasang di semua ruang SKPD bahwa sebagai abdi masyarakat itulah visi jangka panjang, maju kedepan terkait dengan profesionalisme ASN di Pemko Banjarmasin,” ujarnya.

Pos terkait