Tanam Porang, Modal Rp 5 Juta Jadi Rp 35 juta dalam 18 Bulan, Mau ?

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Tanaman Porang kini menjadi salah satu komuditas primadona para petani mengingat pasarnya yang sangat luas. Porang bukan hanya diminati di dalam negeri tetapi juga manca negara seperti Jepang, Cina dan Australia.

Sudah sepuluh tahun belakangan ini masyarakat di beberapa negara maju menjadikan porang sebagai bahan untuk kebutuhan farmasi, kosmetik, industri bahan konsumsi seperti tepung dan beras porang. Ini karena kandungan yang ada di dalam tumbuhan yang berjenis umbi-umbian itu memiliki nutrisi karena mengandung 45% Glucomannan, 9,7% protein, 16 jenis asam amino.

Bukan itu saja, porang juga mengandung  mineral, seperti kalsium, fosfor, besi, zinc, mangan, tembaga, tinggi serat, dan rendah kalori dan 7 asam amino esensial. Inilah yang membuat komuditas satu ini kini menjadi primadona.

BACA JUGA:  Ingin Kaya ? Berikut 5 Cara Kerja Uang yang Wajib Diketahui

Namun, seperti apakah keuntungan  porang ?. Dan berapakah modal yang diperlukan untuk membudidayakan tanaman yang bernama latin  Amorphophallus muelleri Bl ini ?.

Menurut Direktur Agro Mah Sajajar (AMS) Banjarmasin, M Ali Hasni budidaya porang tidak harus dilakukan di lahan yang luas tetapi bisa juga dilakukan di pekarangan rumah dengan menggunakan polybag.

Pos terkait