Perjalanan Politik Zairullah, 2 Kali Gagal Pilgub Kini Kembali ke Tanbu

  • Whatsapp
Dr HM Zairullah Azhar MSc

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Dr HM Zairullah Azhar MSc adalah politikus senior yang sudah lama malang melintang di perpolitikan Banua. Sepak terjang Zairullah di dunia politik penuh liku-liku dan sangat menarik untuk diikuti.

Zairullah lahir di Pagatan, Tanah Bumbu, 2 April 1954. Zairullah pernah menjadi Ketua DPD II Golkar Banjarmasin. Ia juga tercatat pernah duduk sebagai Wakil Ketua DPRD Banjarmasin. Pada 2003-2005, ia ditunjuk sebagai Pejabat Bupati Pemekaran Kabupaten Tanah Bumbu.Pada Pilkada Tanah Bumbu 2015-2010, Zairullah memutuskan maju sebagai calon bupati Tanah Bumbu didampingi H Abdul Hakim G.

Namun, ternyata ada aksi unjuk rasa sebelum dilaksanakannya Pilkada Tanah Bumbu 2005. Berdasarkan berita yang diterbitkan Liputan6.com pada 18 Juni 2005, sempat terjadi unjuk rasa di Kantor KPU Tanah Bumbu. Massa yang berjumlah ratusan menuntut penundaan pelaksanaan Pilkada. Mereka menuding salah satu pasangan calon melakukan kecurangan. Dalam orasinya, massa menyatakan, jumlah pemilih yang diumumkan KPU Tanah Bumbu tak sesuai dengan kenyataan di lapangan.

BACA JUGA:  Mengenal H Rusli, Pasangan Zairulllah di Pilkada Tanbu 2020

Mereka pun meminta Pilkada ditunda sampai ada perbaikan data pemilih. Para pendemo juga mendesak Pegawai Negeri Sipil tidak diperkenankan ikut memilih. Namun, akhirnya Pilkada Tanah Bumbu tetap berlangsung sesuai jadwal dan Zairullah-Abdul Hakim tampil sebagai pemenang.

Pos terkait