Program BISA dari Kemenparekraf untuk Gerakkan Lagi Wisata Tala

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Pelaihari – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melalui Deputi Bidang Industri dan Investasi meluncurkan Program Gerakan BISA (Bersih, Indah, Sehat dan Aman) di Pantai Takisung, Kecamatan Takisung.( 30/8 )

Program ini serupa padat karya yang bertujuan untuk memberdayakan kembali para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif, setelah lesu terkena dampak pandemi Covid-19.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Regional II Kemenparekraf, Neliyana mengatakan, kunjungan pariwisata turun sangat signifikan di masa pandemi ini.

Hal ini membuat kesenjangan sosial semakin melebar. Sebanyak 1,7 juta pekerja sektor pariwisata juga terkena dampak.

Pemerintah pusat pun melakukan realokasi anggaran untuk memfokuskan kegiatan yang mendukung percepatan penanganan akibat Covid-19 dan memperbaiki ekonomi tenaga kerja pariwisata di masa darurat dan masa pemulihan.

BACA JUGA:  Sukses Tampil Perdana, Nella Kharisma Kembali ke Banjarmasin

Caranya melalui penguatan kualitas destinasi wisata melalui konsep pariwisata berkelanjutan dan penerapan sapta pesona

“Program BISA ini adalah yang pertama di Indonesia, sesuai dengan prinsip program Gerakan BISA (Bersih, Indah, Sehat dan Aman) pariwisata yaitu partisipatif oleh, dan, untuk masyarakat di destinasi wisata. Hal ini guna menangani dan mengantisipasi penyebaran Covid-19 dengan mengutamakan standar health, hygiene dan safety. Kami berharap agar ekonomi pariwisata cepat pulih kembali,” kata Neli.

Sekretaris Daerah Tanah Laut (Tala) H. Dahnial Kifli mengatakan pandemi berdampak kepada sektor ekonomi termasuk di Kabupaten Tala.

Sejak bulan Maret 2020, aktivitas pariwisata terhambat selama empat bulan.

Pos terkait